Bupati dan Wabup Bagikan Beras ke Masyarakat Kubar Terdampak Covid-19

0
158

Secara simbolis Bupati Kubar FX Yapan,SH serahkan bantuan covid-19 di terima oleh Camat Barong Tongkok Denasius,S.Pd.

Penasatu.com, Kutai Barat – Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Barat (Kubar) hari ini telah menyerahkan bantuan beras bagi masyarakat yang terdampak wabah Corona Virus Diseace (Covid-19). Pembagiannya sendiri disalurkan melalui Camat yang ada 16 Kecamatan di Kubar. Sedangkan pendanaannya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun 2020 melalui Dinas Sosial Kabupaten Kubar.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh FX Yapan Bupati Kubar dan Edyanto Arkan Wakil Bupati di dua kecamatan berbeda yaitu, Kecamatan Barong Tongkok dan Melak secara bersamaan, Rabu (29/4/20).

Wakil Bupati Edyanto Arkan saat serahkan bantuan sosial berupa beras kepada masyarakat melalui Camat.

Bupati mengatakan, bantuan beras ini untuk membantu keluarga prasejahtera di Kabupaten Kutai Barat dan bantuan beras ini hanya untuk meringankan beban kebutuhan pangan keluarga terutama yang terdampak Covid-19.

“Saya menegaskan kepada masyarakat bantuan pemerintah ini hanya meringankan kebutuhan, bukan mencukupi kebutuhan masyarakat yang ada,” ujarnya.

saya dimana-mana dalam menyampaikan sambutan terus mengingatkan agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan dengan bercocok tanam, itu semata-mata untuk mengantisipasi keadaan seperti wabah bencana saat ini,” imbuh Yapan.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan, wabah ini akan berdampak luas dihari-hari mendatang, baik kesehatan, ekonomi bahkan sosial politik.

“Kita tidak tahu sampai kapan wabah ini akan berakhir dan jika ini terus berkepanjangan maka sangat memungkinkan secara nasional akan mengalami krisis,” jelasnya

“Jadi sekali lagi saya mengingatkan para Camat, Lurah, Petinggi untuk mengerakkan warganya dan masyarakat Kutai Barat umumnya mari mempersiapkan dan menggarap lahan-lahan yang ada untuk menanam baik padi, singkong, umbi-ubian, sayur-sayuran dan lain sebagainya supaya kita tidak kelaparan,” pintanya.

Sementara H.Edyanto Arkan, berharap bantuan ini dapat diserahkan bagi masyarakat yang berekonomi lemah.

“Saya menghimbau kepada seluruh Camat agar memiliki peran strategis untuk mendistribusikan bantuan ini yang ditindaklanjuti para Lurah dan Petinggi dengan mendata betul-betul yang perlu diprioritaskan ,”ucapnya saat di Kantor Kecamatan Melak yang dihadiri oleh Assisten 1, Anggota DPRD, Danramil, Kapolsek, Dinkes, Dissos, BPBD, Dishub dan para Camat.

Wabup berpesan, kepada masyarakat yang memiliki kemampuan agar bisa perduli kepada masyarakat disekitarnya yang berekonomi lemah.

“Jika ada warga yang belum dapat menerima bantuan beras ini, mari kita berbagi terutama dalam memaknai bulan suci ramadhan ini,” bebernya usai penyerahan kepada Kecamatan pesisir Kabupaten Kutai Barat

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kepala Dinas Sosial Ampeng mengatakan,

“Bantuan yang diberikan berupa beras 10 kilogram untuk 1 (satu) Kepala Keluarga (KK) sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam membantu meringankan kebutuhan masyarakat di tenggah wabah ini,” timpal Kadis Sosial.

“Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang terdampak terutama kepada keluarga sangat membutuhkan seperti ekonomi lemah dan keluarga pasien terdampak langsung Covid-19, di 16 Kecamatan 190 Kampung dan 4 Kelurahan dengan total pembagian untuk 16 kecamatan sebesar 140 ton beras, untuk pembagian kecamatan yang ada di pesisir mahakam diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati sedangkan untuk kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat,  Linggang Bigung, Tering, Damai, Nyuatan, Muara Lawa, Bentian Besar, Siluq Ngurai,  diserahkan secara simbolis oleh Bupati Kutai Barat. Dan untuk pola distribusinya melalui para camat kemudian ke Kelurahan, Petinggi dan RT,” tutupnya.

<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here