Bertambah 3, Kini Sudah 11 Orang yang Positif Covid-19 di Kubar

0
0 views

Sekdakab Kubar Drs.Yacob Tullur,MM (paling depan) saat sampaikan perkembangan covid-19 di Media Center Covis-19 Kubar. (Ichal penasatu).

Penasatu.com, Kutai Barat – Tim Gugus Tugas Penanganan Virus Corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Kutai Barat kembali melaporkan perkembangan hasil swab dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya, kasus konfirmasi positif Covid-19 bertambah tiga orang.

Drs.Yacop Tullur, MM, yang juga Sekdakab Kubar mengatakan, dari hasil konfirmasi BBLK Surabaya jumlah pasien positif Covid-19 di Kutai Barat bertambah 3 orang menjadi 11 pada saat ini.

“Hasil swab dari Surabaya, kasus konfirmasi positif Covid-19 bertambah tiga orang. Sebelumnya jumlah pasien positif Covid-19 sebanyak 8 orang, kini menjadi 11 orang,” kata Yacop Tullur didampingi Kabag ops Polres Kompol Sarman,SH, Pasiter Kodim 0912 Kapten Inf.Syamsu, Kadiskes dr.Ritawaty Sinaga, Kaban BPBD Kubar Jenton,S.Pd. saat jumpa pers di Media Center covid-19 di Rumah Dinas Bupati, Komplek kantor pemerintahan Kubar, Sabtu (25/4/20).

“Konfirmasi 11 orang positif tadi terdiri dari status pasien PDP 4 orang yang OTG 4 orang dan ODP 3 orang. Perlu diketahui, dari status OTG bisa jadi positif Corona, oleh karena itu, jangan mengabaikan walaupun pasien tidak berstatus PDP,” tegasnya.

Yacob Tullur lebih lanjut menjelaskan, tiga pasien yang baru, juga memiliki riwayat perjalanan daerah terpapar asal cluster gowa. Melihat jumlah pasien positif di Kubar, maka pemerintah kembali menghimbau warga untuk mengikuti anjuran pemerintah (Physical Distancing), guna memutus penyebaran Covid-19.

Di jelaskannya lagi, infografis Covid-19 di wilayah Kubar per 25 April 2020 yakni, dengan jumlah ODP 110 orang, selesai pemantaun 158 orang, proses pemantaun 52 orang, jumlah PDP 8 orang, OTG 35 orang, pelaku perjalanan sebanyak 3.932 orang. Untuk jumlah kunjungan lalu lintas manusia melalui pintu masuk di UPT PKM Jambuq Kecamatan Bongan, masih meningkat, yaitu 745 orang dengan 468 unit kendaran, sedangakan dari dan ke Mahulu ada 48 dan keluar 28 unit kendaraan, ungkapnya.

Perlu diketahui Kubar memiliki 4 pintu masuk Seperti di perbatasan Kalteng melalui UPT PKM Bentian Besar, Kecamatan Penyinggahan, Kecamatan Long Iran yang berbatasan dengan Kabupaten Mahulu, lalu di UPT PKM Jambuq di Kecamatan Bongan.

Wartawan : Ichal.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here