Widiyantono : Kegiatan Sensus Penduduk Akan di Mulai Awal September 2020 di Kutai Barat

0
95 views

Petugas Sensus penduduk, saat mendapatkan arahan selepas rapid test

Reporter : Ichal Penasatu

Penasatu.com, Kutai Barat – Sebanyak 180 petugas Sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) tahun 2020 telah mengikuti rapid tes dan siap melaksanakan pendataan pendduk di 16 Kecamatan se-Kubar awal September 2020 pekan depan.

Kepala BPS Kutai Barat Widiyantono,S.ST mengatakan, Kegiatan sensus itu memang untuk mendata semua penduduk dalam rangka menuju satu data kependudukan di Indonesia.

“Data kependudukan selama ini memang terdapat perbedaan konsep, antara BPS dengan Disdukcapil. Di tahun 2020 ini sensus penduduk menjadi jemabatan untuk menuju satu data penduduk,” kata Widiyantono saat di temui di ruang kerjanya, Kantor BPS Kubar Kamis (27/8/20).

Untuk menuju kesana, tambah Widiyantono tentu databes dasar nya adalah data dari catatan sipil yang sudah terkonsulidasi Nasional. Dari kondisi Juni 2019 yang tergabung dari hasil pendataan lapangan dan juga data sensus online. Kemudian waktu bulan Februari sampai Mei 2020 kemarin di gabung jadi satu databes kependudukan.”ungkap Widiyantono.

Sedangkan masa kerja bagi petugas sensus selama 15 hari. Namun dalam tugasnya diberi rentang satu bulan, yaitu dimulai sejak 1-30 September 2020. apabila mereka bisa menyelesaikan 15 hari dan telah diperiksa kualitas hasil kerjanya oleh koordinatornya, maka bisa dinyatkan selesai, tutup Kepala BPS Kubar.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here