Warga Sungainangka Prioritaskan 10 Usulan Dalam Musrenbang

0
220

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Masyarakat Kelurahan Sungainangka, Balikpapan Selatan mengusulkan 10 skala prioritas dari puluhan usulan yang disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2020 tingkat Kelurahan Sungainangka, bertempat di Aula Swimming Pool Bukit Damai Indah, Selasa (14/1/2020) sebagai bentuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Musrenbang dihadiri Sekretaris Camat (Sekcam) Balikpapan Selatan Ilham, Lurah Sungainangka Sanrang S Sos, Ketua LPM sekaligus anggota DPRD Balikpapan Parlindungan Sihotang SE dan Laisa Hamisa, para ketua RT Sungainangka serta beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, baik Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, dan tokoh masyarakat.

“Pembenahan lingkungan saat ini tengah diupayakan di beberapa titik yang berada di Kelurahan Sungainangka,” kata Sanrang. “Segala usulan tahun 2018-2019 yang disampaikan masyarakat sudah ditampung, dan hasilnya ada sebanyak 80 usulan yang sudah di input kedalam E-Planning dan beberapa usulan dari DPRD, namun semuanya harus melalui tahapan dan proses.”

Setelah melaui tahapan dan kata sepakat, ada sebanyak 10 usulan yang menjadi skala prioritas pengerjaannya di tahun 2020, diantarnya perbaikan infrastruktur jalan dan drainase.

Parlindungan menuturkan, kebanyakan usulan yang disampaikan masyarakat berupa perbaikan infrastruktur dimana saat ini banyak sarana dan prasarana yang belum memadai, serta ada beberapa pengembang perumahan yang tidak komitmen terhadap warga.

Disamping itu ada kekhawatiran yang disampaikan warga, terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dimana penerimaan siswa melalui jalur zonasi yang dulunya 90 persen mengalami penurunan menjadi sebesar 50 persen.

“Sehingga ini membuat resah masyarakat, dimana nantinya jika tidak tertampung di wilayah zonasi, mau tidak mau harus menyekolahkan diluar zonasi, hal tersebut juga diakibatkan dari minimnya sarana dan prasarana pendidikan,” jelas Parlindungan.

Atas dasar itulah dirinya meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan agar segeran menyediakan dan menambah ruang belajar agar dapat menampung siswa baru diwilayah Kelurahan Sungainangka.

Disisi lain, disampaikan Laisa yang meminta agar Petugas Sosial Masyarakat (PSM) bekerja aktif dalam menginformasikan kepada masyarakat melalui Ketua RT agar masyarakat yang menerima bantuan atau masuk dalam golongan tidak mampu masih banyak yang belum memiliki BPJS.

Laisa berharap dengan adanya musrenbang, dapat mengcover semua apa yang diinginkan masyarakat. “Ya, semoga melalui musrenbang, apa yang diharapkan masyarakat bisa terwujud.”*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here