Test Psikologi, Rahmad-Thohari Jalani Selama Empat Jam

0
18

Penasatu.com, Balikpapan – Pasangan Rahmad-Thohari kembali melanjutkan pemerikasaan kesehatan psikologi di Gedung Gabungan Dinas (Gadis), Jln Jenderal Sudirman, Selasa (15/9/2020).

Pemerikasaan tes psikologi merupakan lanjutan dari tahapan persyaratan kesehatan yang diminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pencalonan di Pilkada 9 Desember mendatang.

Tes psikologi ini dilakukan KPU bekerjasama dengan Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) dan HIMSI Kaltim.

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menjelaskan test kesehatan dilakukan selama dua hari yakni 14-15 September, dimana pemeriksaan tersebut merupakan rangkaian syarat wajib yang harus dijalankan bakal paslon sebelum ditetapkan menjadi paslon wali kota dan wakil pada 23 September mendatang.

Lanjut Thoha, untuk pemeriksaan kesehatan
Rencananya hasil test dua hari ini akan dipleno kan tim dokter pemeriksa RSKD pada Rabu besok (16/9/2020). “Hasilnya Kamis sudah bisa diketahui,” ucap Ketua KPUD Noor Thoha.

Sementara itu, Annisa selaku perwakilan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Kaltim menjelaskan jika tes yang dilaksanakan hari ini lebih kearah Rohani dan Psikologi, namun ada juga tes Klasikal, tes Materi kemudian dilanjutkan tes wawancara.

Annisa mengatakan rangkaian materi tes psikologi mengacu pada juknis yang sudah ada, adapun tujuan dari rangkaian tes tersebut untuk melihat kondisi kesehatan rohani dan kemampuan kontestan Pilkada tersebut dalam menjalankan tugas secara umum.

Materi tes dipastikan lengkap sesuai yang dibutuhkan penyelenggara Pilkada untuk melihat kesiapan psikologi peserta Pilkada.

“Yang diperdalam adalah semua ada di Juknis lebih kesiapan dan kemampuan berpikir beliau, mampu gak melihat permasalahan, kemudian dengan masalah yang ada bagaimana pengambilan keputusan,” ujarnya.

Lanjut Annisa, materi yang diberikan beragam dan setiap satu tim terdiri dari lima orang.

“Kemungkinan untuk tes wawancara tidak akan memakan waktu yang lama, akan tetapi untuk tes seperti Klasikal bisa memakan waktu hingga 3 sampai 4 Jam,”

Wartawan: Riel Bagas.

editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here