Tangkal Budaya Luar, SDN 002 Balkot Gelar Festival Seni

0
180

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Dengan mengangkat Tema “Cintai Budaya Negerimu” Sekolah Dasar Negeri 002 Balikpapan Kota menggelar Festival Seni Nusantara, Sabtu (8/2/2020).

Kegiatan yang dihadiri Pengawas SD Gugus 02 Balikpapan Kota, Lurah Prapatan, pimpinan Puskesmas Prapatan, Ketua LPM Prapatan, Ketua Komite sekolah dan para orang tua murid.

Pembukaan festival seni yang diadakan SDN 002 Balkot ditandai dengan pemberian penghargaan Adiwiyata Tingkat Nasional kepada Hj Tuti Suprapti, S Pd MM selaku kepala sekolah yang diberikan langsung Hj Siti Sunarmi, selaku pengawas SD.

“Kami sangat berterima kasih kepada orang tua murid yang mendukung kegiatan festival seni baik dana dan moril, tanpa dukungan semua, acara hari ini tidak dapat berlangsung dengan sukses,” kata Tuti Suprapti.

Selain mendapatkan Adiwiya, SDN 002 Balkot saat ini sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan sebagai sekolah ramah anak.

“Kegiatan yang kami dilaksanakan ini merupakan festival yang pertama kali digelar, sekaligus masuk dalam rangkaian untuk memperingati Hari Jadi Kota Balikpapan Ke-123, kegiatan festival seni sebagai wadah untuk memfasilitasi siswa/siswi yang memiliki bakat dalam bidang seni, sehingga dapat mengeksplore bakat yang mereka miliki,” jelas Ketua panitia kegiatan Siti Rohani S Pd.

“Selain kegiatan pentas seni, juga ada berupa lomba mewarnai, melengkapi gambar dan market day (bazar).”

Festival seni yang diselenggarakan semuanya melibatkan seluruh kelas, baik kelas 1 sampai kelas 6 yang nantinya akan menampilkan berupa tarian daerah, tarian nasional bahkan ada juga paduan suara.

Selain tari-tarian para siswa/siswi SDN 002 akan menampilkan pencak silat, pembacaan puisi dan masih banyak lagi yang akan ditampilkan.

Pelaksaan festival seni juga mendapatkan apresiasi yang langsung diberikan Lurah prapatan, menurutnya sekolah SDN 002 sangat luar biasa dan memiliki banyak prestasi yang didapatkan salah satunya Adiwiyata Tingkat Nasional.

“Meskipun sekolah SDN 002 tergolong kecil, tapi biar kecil cabe rawit, banyak prestasi membanggakan yang didapatkan selama sekolah ini berdiri.”

Hal senada juga disampaikan Siti Sunarmi, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, mengingat kegiatan seperti ini sebagai ajang untuk unjuk kebolehan berdasarkan bakat dan minat yang telah diajarkan guru-gurunya.

Dengan tema cintai budaya negeri artinya mencegah budaya luar yang tidak baik, dan tentunya juga sebagai bentuk penguatan karakter buat siswa/siswi.

“Kami berharap kegiatan seperti ini terus dapat dilanjutkan, siapapun nanti kepala sekolahnya yang memimpin SDN 002 Balkot, harus tetap terus menggelar festival seni yang seperti ini,” ujar Siti Sunarmi.*

Wartawan: Riel Bagas/Heriyanto

Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here