Sumarsono : Wagub dan Ketua Dewan Pers Ikuti Deklarasi AMSI Kaltim Bersama Puluhan Pimred Media Nasional

0
36

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Provinsi Kalimantan Timur akan mencatatkan dirinya dalam sejarah perkembangan media siber di Indonesia. Sejarah tersebut berupa Deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara daring diikuti seluruh anggota berjumlah 300 lebih perusahan media mulai dari ujung barat hingga timur Indonesia, Senin (22/6/2020), pukul 10.00-12.00 WITA.

Ketua Panitia Deklarasi dan Konferwil AMSI Kalimantan Timur (Kaltim), Sumarsono mengatakan, Minggu (21/6/2020), Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Ketua Dewan Pers M Nuh, serta Ketua Umum AMSI Pusat Wenseslaus Manggut, serta Kadis Kominfo Diddy Rusdiansyah, akan ikut bersama ratusan Pemred media nasional dan lokal seluruh Indonesia dalam deklarasi esok.

“Informasi terakhir kami peroleh dari pengurus AMSI Pusat, Ketua Dewan Pers M Nuh, akan ikut serta dalam Deklarasi AMSI Kaltim secara daring ini. Ini sejarah baru di Indonesia, terutama bagi AMSI,” kata Sumarsono.

Ia menjelaskan, semula, deklarasi dilakukan pertengahan Maret 2020 silam. Namun, ketika itu wabah Covid-19 membuat deklarasi dilanjutkan Konferwil terpaksa ditunda hingga pandemi berakhir.

Namun, jelasnya, keinginan kuat dari belasan perusahaan media siber untuk menjadi anggota AMSI, maka disepakati deklarasi dilakukan secara daring di tengan Covid-19 saat ini.

“Ramadan lalu, setelah zoom meeting dengan pengurus AMSI Pusat dan belasan perusahaan media siber calon anggota AMSI Kaltim, disepakati deklarasi secara daring,” ungkap Sumarsono.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kaltim, Diddy Rusdiansyah mengapresiasi dan mendukung penuh Deklarasi serta Konferwil AMSI Kaltim. Ini, tuturnya, menjadi penting dalam perjalanan media di Kaltim.

“Kami (Pemprov Kaltim) saat ini tengah menjalankan aturan sesuai UU Pers, setiap media harus memiliki badan hukum. Termasuk bernaung dalam organisasi diakui oleh Dewan Pers,” ungkapnya.

Ia menyatakan, setiap wartawan harus tunduk dan taat dalam kode etik dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

Deklarasi AMSI Kaltim ini bisa diikuti di Zoom dengan ID ID: 777 6440 8975, password: amsikaltim, mulai pukul 10.00-12.00 Wita atau 09.00 WIB.(*)

Sumber : AMSI Kaltim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here