Sukseskan Pilkada Serentak 2020, KNPI Mahulu Gelar Dialog Pemuda Peduli Damai

0
9 views
Reporter : Ichal penasatu.

penasatu.com, Mahakam Ulu – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) menggelar dialog diskusi pemuda dengan mengangkat tema ” Pemuda Peduli Damai” dalam rangka sukses nya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Mahakam Ulu 2020.

Ketua DPD KNPI Mahulu Martinus Mi”ing,SH saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara

Hadir sejumlah tokoh pemuda, tokoh masyarakat,tokoh agama, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mahakam Ulu, Kapolsek Long Bagun, serta dihadiri Ikatan Mahasiswa Mahakam Ulu, Audensi dari SMAN 1 Long Bagun, Mahasiswa Widyagama Samarinda, Karang Taruna Kampung Long Bagun Ulu/Ilir, Batoq Kelo dan Karang Taruna Kampung Ujoh Bilang. Itu berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kampung Batoq Kelo Kecamatan Long Bagun, Minggu (6/12/20).

Dialog diskusi pemuda tersebut dimulai dari pukul 20.00 Wita dan berakhir pada 23.00 Wita malam berlangsung sukses.

Ketua DPD KNPI Mahulu, Martinus Mi’ing,SH mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran pemuda tentang pentingnya peran generasi muda dalam mensukseskan pemilu yang damai.Pemuda harus berperan aktif mensukseskan pemilu 2020″ kata Martinus Mi’ing dalam sambutannya.

Menurut Martinus Miing, peran pemuda sangat penting dalam mensukseskan pemilu damai, sesuai dengan tema kita pada malam ini.Meski pemuda memiliki latar belakang politik berbeda, namun agenda utamanya adalah terciptanya iklim politik yang kondusif dan damai.”ujarnya.

“Pada pemilu 2020 ini, kita belajar di Pilkada sebelumnya. Dimana kita harus menjaga suasana damai dalam pemilu ini sebagai bentuk antisipasi kerawanan sosial. Pemilu damai harus berkualitas berkat peran pemuda.

menurut Mi’ing” Pemilu merupakan ruang bagi semua kalangan untuk berkompetisi secara sehat. Namun masyarakat harus memilih secara cerdas.Semua paslon punya rekam jejak ,kita harapkan ,pemuda idealis dan tidak pragmatis.”ungkapnya Ketua KNPI

Dalam kesempatan itu Divisi Bidang Penindakan Bawaslu Kabupaten Mahulu Karni Jaya menyebutkan, money politik ” dengan adanya money politik itu membuat pemilu tidak sehat dan tidak bersih, oleh karena itu mari kita menjaga dan menolak money politik.”ujarnya.

Masih diacara yang sama Kapolsek Long Bagun, AKP Purwanto menuturkan dari pihak Kepolisian selalu memberi penjagaan dan sosialisasi kepada masyarakat agar terciptanya pemilukada yang damai dan bersih.

Pihak Kepolisian juga bersenirgi dengan Bawaslu, KPU, Pemerintah dan TNI. Kepolisian juga mengajak pemuda ,masyarakat untuk mematuhi Undang – Undang (UU) KPU dimasa pemilukada agar terciptanya pilkada damai dan bersih serta selalu mematuhi protokol kesehatannya.”pintanya.

Sebelum ditutup, dibuka diskusi tanya jawab bagi masing – masing peserta untuk dialog dengan narasumber.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here