Simulasi Penanganan Darurat Penerbangan, Pesawat ATR 42-300 Alami Kerusakan Mesin Mendarat Darurat di Melalan Kubar

0
39

Reporter : Ichal penasatu

Penasatu.com , Kutai Barat – Telah terjadi kecelakaan pesawat ATR 42-300 milik Gantar Air dengan nomor penerbangan GTR 4506, REGISTER PK GTR dengan rute penerbangan Melak menuju Samarinda. Di area run way 03 bandara Melalan. Disebabkan engine pesawat nomor 2 terbakar, sehingga pilot meminta untuk pendaratan darurat dan kembali kebandara Melaln, Kamis (13 /820) sekitar pukul 11.15 WITA.

Dari kejadian tersebut mengakibatkan, 34 orang selamat, 4 luka berat 3 luka sedang dan 4 korban luka ringan dengan 1 korban meninggal dunia.

Bandara Melalan saat ini dinyatakn kondisi siaga III. Api berhasil di kuasai pada pukul 11.30, dan berhasil di padankan secara total pada 11.45 Wita. Dari data manifest penumpang di ketahui berjumlah 40 orang dan 6 orang awak pesawat.

Perlu kami sampaikan, selaku tim dari komite AEP Bandara Melalan sudah berupaya keras saling membantu. Untuk pengamanan dan evakuasi kami di bantu oleh anggota dari Kodim 0912 Kubar, Polres Kubar, BPBD Kubar, Satpol PP Kubar, kantor SAR Balikpapan, Polsek dan Koramil Barong Tongkok.”ujar Kepala Bandara Melalan.

Penanganan medis kami di bantu oleh RSUD HIS, Puskesmas Barong Tongkok dan Klinik Utama Santa Familia di bawah koordinasi Diskes Kubar.

Ketika ditanya terkait jadwal penerbangan, saat ini kami sudah mencabut NOTAM Acrodrome Closed dan bandara sudah dapat beroperasi kembali seperti semula,

Untuk kondisi awak pesawat, seluruh crew pesawat dalam keadaan selamat dan sudah di tangani oleh pihak Gantar Air.

Semua kejadian memilukan ini adalah sekenario dari kegiatan latihan simulasi penanganan keadaan darura penerbangan yang digelar UPBU (Unit Pelayanan Bandar Udara) Melalan Kubar. Yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun ungkap, Kabandara Sumariyanto, Minggu (16/8/20).

Dalam rangka peningkatan Penanganan Keadaan Darurat (PKD) baik fungsi koordinasi, komunikasi dan komando antar Stakeholder dalam rangka meningkatkan keselamatan dan keamanan terhadap pelayanan penerbangan. Kegiatan tersebut di laksanakan Kamis 13 Agustus 2020 lalu. dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 siang, berjalan lancar dan aman, pungkasnya.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here