Siap Hadapi Tahun Politik 2024, Polda Kaltim Gelar TFG

0
490

Samarinda, Penasatu.com – Polda Kaltim mulai menyiapkan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Pemilu 2024 di wilayah Kaltim dengan menggelar Tactical Floor Game (TFG), Rabu (6/9/2023).

Tactical Floor Game dipimpin oleh Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Imam Sugianto dilaksanakan di Gedung Plenary Convention Hall Stadion Sempaja, Kota Samarinda.

Tampak hadir Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Drs. Mujiyono, Karo Jianstra Sops Polri, pejabat utama Polda Kaltim, Bawaslu Kaltim, BPBD Kaltim, Basarnas Kaltim, Satpol PP Samarinda, Dishub Samarinda.

Kapolda menyampaikan, TFG ini untuk memberi gambaran teknis dan taktis, sekaligus cara bertindak yang cepat, tepat dan efektif bilamana terjadi situasi kontijensi, atau gejolak sosial saat Pilkada 2024.

“Ini hanya peragaan, mudah-mudahan tidak terjadi. Hal yang paling utama dalam giat ini selfsafety personel yang mengamankan maupun masyarakat,” ujar Kapolda.

Kapolda mengungkapkan, latihan TFG harus dilakukan agar seluruh personel yang terlibat nanti dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Terlebih, khusus jalur koordinasi yang harus ditempuh, guna keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban dilapangan.

“Dengan adanya gelaran latihan TFG ini, diharapkan Polres jajaran Polda Kaltim dapat lebih siap dan siaga bila nanti terjadi situasi yang tidak diharapkan pada pelaksanaan Pemilu 2024,” jelasnya

Dalam TGF ini, Kapolresta Samarinda dan instansi lainnya melakukan simulasi, untuk menguatkan sinergitas penanganan kontijensi terpadu antara TNI, Polri dan stakeholder lainnya. (*/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here