Sejak Terbentuk, Satgas Kampung Siaga Sungainangka Pantau 57 OTG dari Luar Balikpapan

0
100

Sudarna Ketua Satgas Kampung Siaga covid-19 Kelurahan Sungainangka.

Penasatu.com, Balikpapan – Upaya pemerintah Kota Balikpapan dalam pencegahan penyebaran Covid – 19 terus berlangsung, hingga dibentuknya satgas Kampung Siaga Covis-19 ditingkat kelurahan.

Seperti posko kampung siaga Covid – 19 kelurahan Sungainangka Balikpapan selatan, Sejak terbentuk pada 30 Maret 2020 lalu hingga 6 April ini masih dalam kondisi aman.

Sudarna, Ketua Satgas Kampung Siaga Covid – 19 kelurahan Sungainangka menjelaskan, sejak dibentuk posko Penanganan ini, kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri cukup tinggi. Khususnya mereka yang baru datang dari luar daerah.

“Alhamdulillah berkat peran ketua RT dan kesadaran masyarkat. Kelurahan Sungainangka saat ini masih dalam zona aman,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, menurut data hingga kini, sebanyak 57 warga yang telah melaporkan diri terkait ancaman virus mematikan tersebut, masing – masing 35 pria dan 22 wanita.

“Dari total tersebut, 8 orang langsung mendatangi posko siaga dan 49 lainnya melalui RT masing – masing,” ungkap pria yang juga sebagai Ketua program kampung iklim (Proklim) kelurahan sungai nangka ini.

Ia menambahkan, seluruh warga yang melapor tersebut dalam status Sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) dan diimbau agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

“Mereka rata – rata yang habis bepergian dari luar kota, tapi ada juga yang didalam kota namun merasakan kondisi tubuh yang kurang sehat,” ucap pria yang berprofesi sebagai Guru di SMPN 10 Balikpapan.

Dirinya juga menjelaskan, dari total warga berstatus OTG tersebut, sebanyak 13 orang sudah melewati masa karantina mandiri sesuai aturan pemerintah selama 14 hari.

“Mereka sudah dinyatakan aman dari paparan Covid – 19, masih sisa 44 orang lagi yang masih menjalani masa karantina dan selalu di pantau tim kesehatan satgas kampung siaga Covid – 19 Sungainangka,” tambahnya.

Ia berharap, Semoga seluruh warga selalu mengindahkan peraturan pemkot untuk tetap jaga kesehatan, tetap dirumah dan tidak keluyuran jika tidak ada kegiatan yang urgent.

Waratwan : EDS

Editor : penasati.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here