Rutan Kelas II B Balikpapan Komitmen Dengan P4GN

0
141 views

Balikpapan, Penasatu.com – Guna menekan penyalahgunaan Narkotika. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Balikpapan melakukan giat razia kamar warga binaan serta rutin melakukan pemeriksaan test urine bagi pegawai dan warga binaan, Jum’at (25/6/2021).

Hal tersebut merupakan komitmen Rutan Kelas II B Balikpapan dalam melakukan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Pelaksanaan kegiatan razia berdasarkan arahan instruksi Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan yang bekerjasama dengan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kalimantan Timur (Kaltim).

Giat pelaksanaan razia dipimpin langsung Didik Heru Sukoco selaku Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, Keamanan Kanwil Kaltim yang didampingi Kepala Rutan Kelas II B Balikpapan Jul Herry Siburian.

“Kita tadi sudah melalukan penggeledahan kesejumlah Blok kamar hunian warga binaan laki-laki, ada sejumlah barang temuan yang petugas temukan baik itu Kipas Angin, Korek Gas, Cermin, Gunting, Sendok dan Paku, selama pemeriksaan semua berjalan lancar dan tertib,” ucap Didik Heru Sukoco.

Ia menambahkan, selain melaksanakan giat razia kedalam blok hunian warga binaan, pihaknya juga melakukan test urin yang diperuntukan bagi pegawai dan warga binaan.

Hal tersebut guna mencegah penyalahgunaan narkotika baik bagi pegawai dan warga binaan yang ada didalam Rutan Kelas II B Balikpapan.

“Jadi kita bukan hanya melakukan razia kedalam blok hunian, tetapi juga melakukan pemeriksaan test urine bagi pegawai dan warga binaan,” ucapnya.

“Dari hasil pemeriksaan test urine semua dinyatakan Negatif,  jadi tidak ada yang positif menggunakan narkoba,” sambungnya.

Ditempat yang sama, kepada awak media ini Jul Herry Siburian menyampaikan terima kasih kepada Satops Patnal Kanwil Kaltim yang telah melaksanakan giat inspeksi hari ini.

Menurutu dirinya, giat pemeriksaan didalam rutan merupakan upaya dalam pencegahan penyalahgunaan barang-barang terlarang, salah satunya Narkotika.

Dirinya juga menyampaikan dan meningatkan seluruh jajarannya agar jangan pernah bermain dengan yang namanya narkoba. Pasalnya, apabila terbukti menggunakan narkoba, maka akan ditindak dengan tegas.

“Kita tidak pernah main-main dengan yang namanya Narkoba, jika ada jajaran yang menggunakan Narkoba,  maka akan kita tindak tegas,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here