Ramadhan Tiba, Harga melambung

0
173
Bawang putih makinmahal di pasar menjelang Ramadhan

Penasatu.com, Balikpapan – Gejala kenaikan harga bahan pokok di sejumlah pasar di Kota Balikpapan sudah mulai terjadi beberapa hari sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Harga yang melambung itu memang sudah menjadi tren setiap bulan Ramadhan dan tentu saja membuat masyarakat khususnya para ibu rumah tangga harus lebih mengetatkan ikat pinggang.

Seperti harga bawang putih yang beberapa hari ini menjadi primadona dikalangan ibu rumah tangga dikarenakan harganya yang merangkak naik, semula harganya masih dikisaran Rp.25.000/kilo, bahkan seminggu kemudian perlahan naik menjadi Rp.43.000/kilo dan sekarang sudah menjadi Rp.80.000 bahkan sampai Rp. 100.000/kilogramnya.

Seorang pedagang bawang di Pasar Pandansari, Balikpapan Barat, Sabtu(4/5),  menjelaskan kepada awak media, naik turunnya harga bawang di pasar sudah biasa, dan kenaikan saat menjelang bulan puasa juga sudah biasa tergantung harga dari petani, mengingat stok persediaan bawang masih aman sampai menjelang lebaran.

Hal yang sama juga diungkapkan Selvi,  warga Sidodadi, Baru Tengah, menurut ibu dua orang anak ini, kenaikan harga bawang putih saat ini sudah biasa dirasakan menjelang Ramadhan, jadi tinggal menyiasati saja jika berbelanja di pasar, beli saja. Fenomena kenaikan harga bahan pokok di sejumlah pasar di Balikpapan sudah mulai terjadi beberapa hari sebelum memasuki bulan ramadhan.

Rizal Effendi

Seperti harga bawang putih yang beberapa hari ini menjadi primadona dikalangan ibu rumah tangga dikarenakan harga nya yang merangkak naik yang semula harga nya masih dikisaran Rp.25.000/kilo ,bahkan seminggu kemudian perlahan naik menjadi Rp.43.000/kilo dan sekarang sudah menjadi Rp.80.000 bahkan sampai Rp. 100.000/kilogram nya.

Salah satu pedagang bawang di Pasar Pandansari, Balikpapan Barat,Sabtu(4/5). Menjelaskan kepada awak media, naik turun nya harga bawang di pasar sudah biasa, dan kenaikan saat menjelang bulan puasa juga sudah biasa tergantung harga dari petani, mengingat stok persedian bawang masih aman sampai menjelang lebaran.

Masih kata Selvi, menurut ibu dua orang anak ini menjelaskan kenaikan harga bawang putih saat ini sudah biasa dirasakan menjelang Ramadhan.

“Jadi tinggal menyiasati saja jika berbelanja di pasar, beli saja bawang putih seperlunya,” ujarnya dengan kalem.

Bahkan Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi dalam sambutannya diacara pawai ta’ruf,  mengimbau kepada ibu-ibu yang hadir agar tidak panik dengan kenaikan harga bahan pokok di pasar terutama kenaikan harga bawang putih, karena menurut Rizal kenaikan terjadi di seluruh Indonesia bukan cuma di Balikpapan saja. “Mudahan beberapa hari kedepan pemerintah kota Balikpapan akan menyiapkan operasi pasar di beberapa lokasi  dan semoga berkat adanya operasi pasar bisa menurunkan harga kebutuhan pokok beberapa hari kedepan,” pungkasnya.*

Wartawan: RIEL

Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here