Rahmatia: Urai Kemacetan Jam Pulang Sekolah, Balikpapan Harus Tambah JPO

0
675

Rahmatia SE anggota DPRD Kota Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Seringnya terjadi kemacetan di jam-jam pelajar pulang sekolah di beberapa titik jalan, seperti depan MTs Negeri di Muara Rapak, Balikpapan Utara, depan SMAN 1 dan SMPN 1, bahkan di depan SMPN 12, Gunung Pasir, Balikpapan Kota.

Kemacetan yang terjadi terkadang juga diakibatkan pelajar yang ingin menyeberang jalan saat pulang sekolah, sehingga membuat kendaraan yang melintas terpaksa harus berhenti.

Namun masih kerap terjadi, saat kendaran lain berhenti memberikan jalan bagi pelajar yang menyeberang, ada kendaraan lain, kebanyakan roda dua yang menerobos jalan dan itu sangat rawan karena bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan yang tak diinginkan.

Hal tersebut diungkapkan anggota Komisi IV Rahmatia SE, saat berada di ruang kerjanya, Selasa (10/3/2020). Menurut dirinya kemacetan di jam-jam pulang sekolah khususnya depan MTsN Balikpapan Muara Rapak, SMAN 1 dan SMPN 12 Gunung Pasir kerap terjadi yang diakibatkan pelajar yang ingin menyeberang jalan dan pengendara yang ugal-ugalan.

Dirinya menilai, sebaiknya perlu dibangunkan jembatan penyeberangan orang (JPO) agar pelajar yang ingin menyeberang jalan, baik itu untuk menunggu angkutan kota atau mendatangi jemputan, pelajar tidak perlu lagi melalui jalan raya, akan tetapi menggunakan jembatan tersebut.

“Sehingga kendaraan yang melintaspun tidak terganggu dengan aktifitas pelajar yang menyeberang di jam-jam pulang sekolah, dan kemacetan yang sering terjadi bisa terurai,” katanya.

“Kalau dibangunkan jembatan penyeberangan jalan di beberapa sekolah yang sering terjadi kemacetan, saya rasa lebih baik. Jadi adik-adik pelajar yang biasa menyeberang melalui jalan raya tidak ada lagi, sehingga arus lalu lintas juga bisa sedikit lancar tidak terganggu,” lanjutnya.

Kota Balikpapan yang sudah melampaui usia 123 tahun, memang sekarang ini hanya memiliki satu JPO yang menghubungkan pengunjung Plaza Balikpapan, padahal sebagai kota yang menyandang sejumlah penghargaan itu harusnya bisa menambah bangunan JPO di beberapa titik demi kenyamanan warganya.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here