Rahmad Mas’ud Resmikan Bedah Rumah dari Pasak Bakudapati

0
41

Wakil walikota Rahmad Mas’ud saat pemotongan tumpeng peresmian bedah rumah anggota Ormas Pasak Bakudapati

Penasatu.com, Balikpapan – Salah satu warga Jln. Giri Mulyo RT 23 Kilometer (Km) 14 Balikpapan Utara bernama Idris tidak menyangka rumah sederhana miliknya mendapatkan bantuan bedah rumah dari salah satu Organisasi Masyarakat (Ormas) kedaerahan Persatuan Asli Ormas Kalimatan Banjar, Kutai, Dayak, Paser dan Tidung (PASAK Bakudapati).

Program bedah rumah yang digagas PASAK Bakudapati ini merupakan program gotong royong di internal ormas itu sendiri, yang mana semua dilakukan secara swadaya dari anggota dan untuk masyarakat.

Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud yang hadir sekaligus meresmikan dan menyerahkan langsung kunci rumah kepada Idris.

Dimana sebelumnya Ketua PASAK Bakudapati Nurachman menyerahkan secara simbolis kunci kepada orang nomor dua di Balikpapan tersebut, Jumat (11/9/2020)

Menurut Rahmad, pemerintah harus hadir bagi masyarakat, apalagi kegiatan seperti bedah rumah sangat bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat yang memang kurang beruntung.

Meneladani konsep gotong royong seperti inilah yang harus dicontoh dan ikuti, sehingga bisa saling membantu antar sesama yang membutuhkan bantuan.

“Kehadiran saya secara pribadi ataupun sebagai wakil wali kota tentu mampu memfasilitasi kita semua untuk berbuat baik dan saling bahu membahu untuk membantu saudara-saudara kita,” ujarnya.

Rahmad juga mengapreasiasi ormas PASAK Bakudapati, diharapkan apa yang dilakukan Nurachman bersama anggota bisa menjadi inspirasi bagi ormas-ormas lain atau elemen masyarakat lainya.

“Dengan gotong royong bersama dalam membantu dan bahu membahu dalam membantu keluarga kita yang belum beruntung,”

“Kita doakan terus agar Pasak Bakudapati Balikpapan tetap eksis dan dimudahkan segala urusannya karena niatnya untuk membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan dan membantu keluraga yang kurang beruntung sehingga apa yang dilakukan organisasi memberikan manfaat bagi waga dan kota Balikpapan,”

Sementara itu ditempat yang sama Nurachman menjelaskan program bedah rumah ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya yakni bedah rumah di Manggar dan saat ini di RT 23 Km 14 jalan Giri Mulyo.

“Alhamdulillah bisa tercapai semua, ini berkat swadaya anggota dan kita tidak ada minta proposal apapun, dan ini semua benar-benar murni dari anggota sendiri,”

Yang mana semua dikoordinatori Ketua PAC Utara bernama Cipto, yang mana pihaknya akan melanjutkan program ini di kecamatan Kota atau Selatan.

Proses pembangunan hampir sebulan karena terkendala dengan cuaca yang sering turun hujan.

Semuanya dikerjakan langsung oleh anggota sendiri, dan biasanya kalau lagi libur kerja banyak yang membantu.

Warga yang menerima bantuan bedah rumah berdasarkan kondisi rumah dan kemampuan ekonomi yang bisa dikatakan kurang.

“Saya juga tidak kenal dengan Pak Idris ini kebutulan di wilayah kita ada korwil karena PASAK Bakudalati ada disetiap korwil,”

Idris yang saat itu didampingi istri yang saat itu menggendong anaknya berumur 1 Tahun, mengatakan tidak menyangka dan bermipi jika rumahnya akan diperbaiki, bahkan selama proses pembedahan rumah miliknya, Idris terpaksa harus mengungsi dan menumpang dirumah saudaranya selama 1 bulan.

“Saya sangat berterima kasih sekali, karena rumah saya sudah diperbaiki, saya tidak bisa membalas semua kebaikan yang sudah dilakukan, saya hanya berdoa semoa Allah yang membalas itu semua,”

“Selama rumah saya dibedah, saya ngungsi ikut sama saudara (kakak), memang sempat di data sebentar saja, gak taunya rumah saya yang mendapatkan rejeki untuk dibedah,”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here