Puryadi : Sungguh tak Pro Rakyat Iuran BPJS Kesehatan Naik di Tengah Pandemi

0
62

Puryadi anggota DPRD Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Sungguh ironis kenaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di tengah pandemi Covid-19 Corona per 1Juli 2020.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) resmi menaikan iuran BPJS Kesehatan sebagaimana tertuang dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dengan rincian peserta mandiri kelas I naik menjadi Rp150.000, kelas II menjadi Rp100.000 dan kelas III menjadi 42.000.

“Sungguh tak pro rakyat kenaikan iuran BPJS di tengah pandemi,” kata Puryadi selaku anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan pada media ini, di ruang kerjanya kantor DPRD Balikpapan, Jln Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Balkot), Selasa (7/7/2020).

Puryadi menilai pemerintah seharusnya dapat membaca situasi saat ini, yang mana kondisi perekonomian masyarakat sedang melemah akibat hantaman pandemi covid-19.

Dengan adanya kenaikan iuran BPJS seharusnya juga diimbangi dengan fasilitas dan pelayanan yang baik. Tapi kenyataannya, hingga saat ini pelayanan yang dirasakan oleh peserta BPJS masih kurang maksimal.

“Saya menilai kenaikan di tengah pandemi covid-19 tidak pas sama sekali, dengan kondisi saat ini ekonomi masyarakat belum stabil, beberapa bulan terlahir ekonomi masyarakat anjlok,” tambahnya.

“Bukan hanya itu saja, maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) juga menjadi beban tersendiri bagi masyarakat. Lah, kok iuran BPJS malah naik,” ucapnya lagi.

“Jadi beban masyarakat jangan ditambahin dengan kenaikan iuran BPJS, lihat ke depannya dulu ekonomi masyarakat sudah membaik, silahkan pemerintah ambil kebijakan seperti apa,” Puryadi menambahkan.

Pastinya ketika ekonomi masyarakat membaik, lanjut Puryadi pemerintah silahkan untuk menaikan iuran BPJS. Tapi dengan catatan, pemerintah harus betul-betul mengimbangi dengan fasilitas dan pelayanan yang memadai.

“Jangan hanya menaikan iurannya saja terus menerus, tapi pelayanan dan fasilitas yang didapat masyarakat juga harus jelas dan baik,” tegas politikus Partai NasDem.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: HTBS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here