Program Goes to School KPU Sambangi SMAN 1 Balikpapan

0
165

Penasatu.com, Balikpapan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali melakukan sosialisasi terkait dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang melalui program GTS (Goes to School). Kali ini sosialisasi tersebut dilakukan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1, Gunung Pasir, Balikpapan, Senin (3/2/2020).

Hadir mewakili KPU, anggota Komisioner KPkU Divisi Teknis Penyelenggaraan Mega Feryani didampingi para anggota komisioner KPU lainnya, dalam upacara bendera bersama guru dan siswa siswi SMAN 1 Balikpapan.

Dengan mengambil tema “KPU Melayani Pemilih Pemula Sukses” pelaksanaan upacara bendera berlangsung hikmat dan pada kesempatan ini Mega Feryani didapuk menjadi pembina upacara.

Mega dalam sambutannya mengatakan, terima kasih kepada guru – guru beserta murid murid semua atas kesempatan saya mewakili KPU berada disini. Saya merasa bangga, kalau gosip diluaran sana sekolah ini adalah sekolah terbaik yang ada di Kota Balikpapan, dan sekarang saya sudah berdiri di tengah-tengahnya, ujar Mega.

KPU adalah salah satu lembaga yang bertugas untuk menyelenggarakan pemilu jadi ada beberapa hal yang harus saya sampaikan pada kegiatan upacara hari ini. Salah satunya adalah fungsi berdemokrasi dalam tujuan bernegara yaitu bentuk pemerintahan kita yang semuanya dilaksanakan oleh rakyat. dan itu tercantum dalam alinea ke IV UUD 1945, bebernya.

“Begitu pula dengan pemilu kita, beberapa tahun terakhir ini pemilu kita langsung dilaksanakan atau dipilih oleh rakyat, begitu pula nanti pada tanggal 23 September 2020 itu kita akan menggelar pemilihan kepala daerah secara langsung, yaitu memilih Walikota dan wakil Walikota dengan dipilih langsung oleh rakyat,” imbuhnya.

Jadi, di pemilu pada tanggal 23 September 2020 nanti, khususnya sebagai pemilih pemula diharapkan ikut berperan serta memberikan suaranya terhadap pemilihan Walikota dan Wakil walikota. dan pemilih diwajibkan yang sudah ber e- KTP atau yang sudah berumur 17 tahun, terangnya.

Ditambahkan Mega, kalau yang belum punya KTP dan sudah berusia 17 tahun, silahkan lapor ke RT guna mengurus KTP. Biasanya KTP-el itu prosesnya harus ada perekaman data dan nanti mendapatkan surat keterangan (SUKET), dari surat keterangan itu bisa untuk kalian pergunakan untuk memilih.

Untuk yang belum berusia 17 tahun, berarti belum bisa memilih, namun ada tugas buat kalian. Yaitu untuk mengingatkan kepada rekan, keluarga yang sudah wajib memilih untuk datang ke TPS.

Tidak hanya itu pihaknya juga menambahkan, seperti saat sekarang kita berkumpul melaksanakan ini adalah salah satu bentuk kewajiban dan kedisiplinan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap negara kita. Sama halnya dengan kita mensukseskan pemilu, untuk itulah kalian diminta aktif dalam pelaksanaan Pilkada nanti.

“Ayo datang ke TPS, untuk memilih, jadikan diri anda seseorang yang suaranya sangat berharga untuk menentukan calon pemimpin kota Balikpapan di periode selanjutnya, tutup Mega

Sementara itu Wakil Ketua Kurikulum, Sugiatna mewakili Kepala SMAN 1 Balikpapan mengatakan, kami sangat mendukung kegiatan sosialisasi seperti ini, karena ini kegiatan positif, disamping itu selain dari para guru anak anak kita juga mendapatkan sosialisasi langsung dari pelaksana pemilu, sehingga hal ini semakin bermakna bagi anak anak.

ditambahkannya, dengan demikian kami berharap, kepada anak anak ini agar berperan aktif dalam Pilkada nanti untuk kesuksesan pemilu khususnya untuk kota Balikpapan, tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan kepada murid – murid SMA 1 Balikpapan bisa menjawab pertanyaan akan mendapatkan hadiah dari anggota komisioner KPU kota Balikpapan.*

Wartawan : Solihin.

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here