Pra TMMD ke 105 Kodim/Bjm : Membuka Akses Daerah Terpencil

0
145
Kompak : Rakyat dan TNI berbaur menjadi satu guna meningkatkan prasarana transportasi untuk kesejahteraan masyarakat di desa Kuin kecil, Kalsel.

Penasatu.com, Banjarmasin – Pra TMMD ke 105 Kodim 1007/Bjm, pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke- 105 Tahun 2019, oleh Kodim 1007 Banjarmasin yang dilaksanakan di Daerah Kuin kecil, Kelurahan  Basirih, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Jum’at (21/6).  Saat ini sudah  memasuki hari ke lima.

Kuin Kecil merupakan daerah perbatasan antara kota Banjarmasin dengan Kabupaten Banjar dan mayoritas masyarakatnya bercocok tanam dan berkebun .

Minimnya akses jalan yang bisa dilalui kendaraan bermotor baik roda 2 dan 4 membuat semua pelaksanaan pekerjaan harus dilakukan secara manual. Karena satu satunya akses yang dapat digunakan saat ini adalah hanya transpotasi air, yaitu dengan menggunakan perahu klotok. Sehingga Prajurit Kodim dengan dibantu masyarakat bekerja harus mengeluarkan tenaga lebih, termasuk untuk pengadaan barang berupa kayu galam, ulin dan tanah.

Untuk pembatas agar tanah yang dihampar tidak larut , anggota Kodim 1007/Bjm menancapkan kayu galam yang telah diruncingi dengan membentuk siring penahan agar tanah tidak terbawa air saat pasang datang.

Lokasi yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor apalagi mobil roda 4 membuat semua pekerjaan harus benar benar dilakukan secara manual. Salah satu sarana transportasi yg mampu menembus lokasi yaitu hanya dengan menggunakan kelotok sehingga prajurit Kodim maupun masyarakat yang bekerja harus mengeluarkan banyak tenaga. Termasuk pengadaan barang berupa kayu galam, Ulin dan tanah untuk nantinya.

H.Hadi, salah seorang pemuka Agama Kuin kecil, mewakili masyarakat, sangat bangga kepada TNI melalui Kodim 1007/Bjm yang telah membuat jalan dengan program TMMD ke 105 masuk di desanya.

Masyarakat bangga dan sangat senang, terima kasih buat TNI, khususnya Dandim dan prajurit Kodim 1007 Banjarmasin dalam upaya meningkatkan kesejahteraan pada masyarakat Kuin kecil dengan membangun jalan, jembatan yang merupakan kebutuhan utama untuk akses kami dalam beraktivitas sehari hari, ucapnya.

“Semoga dengan program TMMD ke 105 ini kita bisa membahagiakan masyarakat khususnya warga kelurahan Kuin Kecil,” ujar  Dandim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here