Polresta Balikpapan Louncing Tim Khusus Perkuat Tim Gugus Tugas Covid-19

0
25

Rizal : Terima kasih kepada jajaran Polresta Balikpapan dengan terbentuknya Tim khusus Penegak Disiplin Covid-19.

Oleh, eddybpn

Penasatu.com, Balikpapan – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Balikpapan melaunching tim khusus penegak disiplin protokol covid-19.

Pelaksanaan berlangsung sederhana, dihadiri Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi S.I.K, Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi SE, Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Armed I Gusti Agung Putu Sujarnawa, anggoat DPRD Balikpapapan Jhony Ng, Assisten I Pemkot Syaiful Bahri serta OPD terkait.

Launcing digelar di Halaman kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Jl.Jenderal Sudirman, Klandasan Balikpapan, Senin (21/9/2020).

Peluncuran ditandai dengan persiapan yang dilakukan tim khusus serta penyematan rompi yang dilakukan langsung oleh Walikota sekaligus melepas iring-iringan kendaraan dari satuan tim khusus yang terdiri dari Polresta, Kodim, Satpol PP, Dishub serta satuan yang bertugas dengan menggunakan motor.

Dalam sambutannya Rizal menyampaikan, tim yang dibentuk nantinya akan memperkuat Gugus Tugas covid-19 dalam penegakan disiplin protokol kesehatan yang tertuang didalam Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 23 Tahun 2020.

Lanjut Rizal, sejauh ini angka kasus covid-19 dibalikpapan masih terus saja bertambah setiap harinya, bahkan kasus covid-19 dikota Balikpapan paling tinggi diseluruh Kalimantan Timur (Kaltim).

Sejauh ini belum ada vaksin atau anti virus yang dapat mengatasi covid-19, karena itu seluruh dunia sepakat jika cara yang ampuh saat ini untuk mengatasi penyebaran covid-19 yakni dengan menjalankan protokol kesehatan.

Masih banyaknya masyarakat yang kurang sadar dengan protokol kesehatan, maka dari itu pemkot Balikpapan masih menjalankan operasi penegakan disiplin, operasi masker serta memberlakukan pembatasan jam malam.

Rizal juga mengucapkan terima kasih terhadap jajaran kepolisian di Balikpapan yang membentuk tim khusus untuk melakukan penindakan bagi pelanggar protokol kesehatan di Balikpapan.

Rizal berharap saat ini tidak ada lagi masyarakat yang akan terjaring dan mendapat penindakan dilapangan.

Diharapkan masyarakat secara sadar dapat mengikuti protokol kesehatan, sehingga bersama-sama dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 dikota Balikpapan.
Kombes Pol Turmudi menjelaskan, tim khusus dibentuk bertujuan memperekuat personil dilapangan yang sudah ada dalam membantu personil Satpol PP.

Nantinya tim khusus yang dibentuk inilah yang akan memperkuat dilapangan, karena tim khusus ini sifatnya akan terus bergerak melakukan patroli, ketika terjadi pelanggaran maka tim khusus inilah yang langsung melakukan penindakan.

Tim khusus yang bergerak nantinya akan menyasar bagi masyarakat yang tidak menjalankan protokol covid-19 yakni tidak menggunakan masker.

Kemudian, tim khusus juga bertugas untuk menindak masyarakat yang sedang berkumpul dan tidak menjaga jarak, serta menindak tempat hiburan sekalipun yang tidak mengikuti protokol kesehatan.

Lanjut Turmudi, bagi masyarakat yang melanggar protokol covid-19 akan sama seperti yang tertuang didalam Perwali 23 Tahun 2020.

Turmudi juga menambahkan, dengan adanya tim khusus penindakan tentu berbeda dengan yang sudah ada saat ini.

Dimana personil yang awal dibentuk sifatnya beregu, namun untuk tim khusus yang dilauncing hari ini berbeda yakni akan bergerak terus di lapangan.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here