Pertamina Bangunkan Tugu 13 November 1945 Karang Anyar

0
302

Penasatu.com, Balikpapan – Keberadaan Tugu Demonstrasi 13 November 1945 di pojok kawasan Pintu V Pertamina Karang Anyar, Balikpapan Barat yang menandakan di kawasan tersebut pernah terjadi suatu peristiwa bersejarah bagi Kota Balikpapan. Namun tugu tersebut sangat tidak laik bagi para pejuang dan keturunannya.

Berjalannya waktu, Pertamina yang akan memperluas keberadaannya, maka keberadaan tugu tersebut semakin tak pantas berada di sisi tepi parit makin terdesak. Dan atas permintaan para anak cucu pejuang, Pertamina akan memindahkan dan  membangunkan tugu yang baru. Pertemuan pun dilakukan beberapa waktu lalu di Dinas Sosial Kota Balikpapan, Selasa (26/3), namun belum menemukan kesepakatan.

Melanjutkan pertemuan sebelumnya antara pihak Pertamina dengan sejumlah veteran dan anak cucu pejuang di Kota Balikpapan dalam membahas lokasi pemindahan Tugu Pejuang  yang ada di Karang Anyar, Jumat (12/4)  kembali dilakukan pertemuan di Dinas Sosial Kota Balikpapan.

Hadir dalam pertemuan Abdul Majid, Kabid Dinas Sosial, pihak pertamina Nana DS (RDMP Pertamina/Public Relations), Aditya. Z (RDMP Pertamina Enginner),  Asep Cahyana (RDMP Pertamina Assesment Security) dan dari veteran sendiri dihadiri oleh Ketua Veteran Balikpapan Joseph  Wongkar,  PJD Koesman (LVRI) , Yulia. P (Minvet), Staf Disdikbud Kota Balikpapan,  serta beberapa anak pejuang yang turut hadir dalam pembahasan lokasi pemindahan Tugu Pejuang tersebut, Bambang Yuliansyah, Rafidah, Ibrahim AM dan lainnya.

Dalam pertemuan sebelumnya untuk rencana pemindahan Tugu Pejuang di Karang Anyar pihak veteran dan anak cucu pejuang mengharapkan agar pemindahan Tugu tersebut tidak keluar dari wilayah Karang Anyar,  karena saat terjadinya peristiwa pengibaran bendera tersebut memang historinya berada di Kawasan Karang Anyar.

Pihak Pertamina menawarkan lokasi pembangunan tugu di kawasan Balai Gembira yang masih masuk dalam wilayah Karang Anyar, bergeser sekitar 300 meter dari lokasi lama.

Tawaran tersebut disambut baik oleh para veteran dan anak cucu pejuang. Oleh karena itu, pihak Pertamina meminta pihak Veteran untuk segera mengajukan surat permohonan pembangunan tugu dan juga sekretariat atau kantor Veteran di dalam kawasan tersebut, agar pembangunan tugu dan kantor segera bisa dilaksanakan.*


Wartawan:RIEL

Editor:BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here