Perbaikan Jalan di Desa Olong Pinang Perlu Diatasi, Agar Tidak Membuat “Resah” para Pengemudi

0
185

Oleh : Asma Ulyatun Hasanah
Mahasiswi Ilmu Pemerintahan
Universitas Terbuka Pokjar Tanah Grogot

Penasatu.com, Grogot – Mengenai perencanaan pembangunan jalan di Kabupaten Paser belum ada yang terlaksana seperti di Desa Olong Pinang, Kecamatan Pasir Belengkong, Kabupaten Paser sehingga ada yang mengeluh karena pemerintah belum ada merespon dan perencanaannya tidak berjalan.

Pada akhir tahun ke tahun pembangunan jalan di Desa Olong Pinang sering sekali di permasalahkan oleh masyarakat desa. Hal itu terkait jalan di desa-desa tersebut yang kondisinya semua dalam keadaan rusak parah. Puncaknya, sejumlah tanaman diletakkan warga ditengah jalan.

Sudah sepuluh tahun lebih seperti ini dan tidak pernah ada perbaikan.

Perbaikan jalan di Desa Olong Pinang merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk warga paser yang banyak melakukan aktivitas, jalan rusak merupakan masalah serius di daerah kabupaten paser yang khususnya di Desa Olong Pinang.

Pengguna jalan yang melewati jalan rusak atau berlubang pasti merasa tidak nyaman. Namun demikian lanjutnya,  dalam realisasinya mungkin masih terdapat kekurangan ataupun ada beberapa wilayah desa yang kurang tersentuh kegiatan pembangunan sehingga muncul anggapan masyarakat bahwa Pemkab Paser kurang merata dalam melaksanakan kebijakan ataupun kegiatan pembangunan.

Agar perbaikan jalan di Kabupaten paser khususnya di Desa Olong Pinang yang jalannya rusak cukup parah dan bisa diatasi dengan cara masyarakat desa harus melaporkan permohonan kepada pemerintah pusat.

Dengan meminta permohonan pemerintah pusat agar memperhatikan jalan di daerah atau tempat tinggal dipedesaan, agar jalan dapat diperbaiki secepatnya.

Saat ini menurut mantan Ketua DPRD Paser dua periode ini,  jalan penghubung  desa Olong Pinang dan beberapa desa lainnya ke ibu kota Kabupaten kondisinya masih sangat memprihatinkan. Hal ini diyakini dapat menghambat kemajuan sektor perekonomian masyarakat.

Pada kenyataannya, hal yang seharusnya menjadi prioritas dalam hal ini akses jalan desa mendapat tindakan pembiaran. Jalan merupakan kebutuhan manusia yang sangat pentng untuk kita melakukan aktivitas, jalan adalah akses menuju tempat yang kita inginkan. Ada dua kerugian yang sangat penting yang harus kita terima ketika melewati jalan rusak tersebut, yaitu perjalanan terhambat dan menjadi lambat sampai ke tujuan, kemudian kendaraan kita jadi mudah rusak. Kerugian ini akan terus kita rasakan selama jalan yang dilewati masih rusak dan berlubang.

Untuk itu masyarakat berharap saat ini ada perhatian dari pemerintah agar dapat memperbaiki atau membangun jalan di Desa Olong Pinang sehingga dapat dilalui dengan layak oleh masyarakat.

Peran pemerintah dalam mengatasi masalah ini sangat penting dan harus cepat bertindak dalam perbaikan jalan tersebut. Setelah pemerintah melakukan perbaikan jalan, masyarakat desa harus bisa mendukung dan jangan sampai merusak. Jika jalanan sudah diperbaiki akan sangat membantu masyarakat beraktivitas dengan nyaman.

Bila akses ke tempat yang masyarakat butuh kan mudah dan merata, maka kesejahteraan masyarakat pun bisa lebih baik dan merata.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here