Penerapan Electronic Securing Integrated System (ESIS) di Labuan Bajo

0
28

Reporter : Alfonsius Andi.

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT– Polres Manggarai Barat bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) siap menjadi tuan rumah bagi terselenggaranya program Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Premium Labuan Bajo. Seluruh pengusaha dan pelaku usaha, terutama pelaku pariwisata di Manggarai Barat berkomitmen untuk ambil bagian dalam menyukseskan Progam Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo ini.

Hal ini terungkap dalam acara Silaturahmi bersama Pengurus Kadin Kabupaten Manggarai Barat dengan Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. yang digelar di RM. Prima Rasa Labuan Bajo, Senin (31/8/2020). Acara silaturahmi untuk mempererat hubungan koordinasi dan sinergitas kedua pihak, Polres Manggarai Barat dan Kadin Mabar dalam mendukung program pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo.

“Kami (Kadin Mabar) sangat bangga dan memberi apresiasi kepada Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo atas kebijakan dan perhatiannya kepada pembangunan daerah kami, yang dipilih menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas yakni sebagai Prioritas Premium. Suatu sejarah yang indah kedepan, sangat baik, dan ini tentu bukan suatu kebetulan, Kami yakin, ini semua telah dipersiapkan Tuhan untuk kesejahteraan Masyarakat Mabar,” kata Ketua Kadin Manggarai Barat, Ignasius Charles Angliwarman, S.Si.

Menurut Charles, para pengusaha dan pelaku pariwisata di Manggarai Barat, serta jajaran pengurus Kadin Mabar yang sebagian besar adalah pimpinan asosiasi pengusaha di Manggarai Barat, seperti ASITA, HPI, PHRI, AKUNITAS, ALFI/ILFA, APBMI, ASKAWI, KOPERASI dan ORGANDA serta pelaku UMKM, siap dan berkomitmen untuk terlibat serta mengawal seluruh proses pembangunan guna menyukseskan program pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat.

“Kami berkomitmen untuk ambil bagian dalam kesuksesan ini, mengawal dari hulu sampai ke hilir, dengan banyak proses pembangunan yang dilakukan. Semua anggota Kadin Mabar akan bekerja, baik dalam sektor pariwisata, penyedia logistik, pekerjaan suply material atau sektor lainnya. Jangan kita hanya menjadi penonton VIP, ayo terjun langsung dan rasakan proses menuju kawasan Prioritas Premium Pariwisata Labuan Bajo,” kata Charles.

Sementara Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., pada acara silahturahmi ini, menjelaskan bahwa Kabupaten Manggarai Barat telah di tetapkan Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Premium, disini Polres Manggarai Barat membuat Inovasi Program Smart Tourism dan ESIS (Electronic Securing Integrated System). Program ini berfungsi untuk memudahkan Para Turis dan Wisatawan memperoleh berbagai informasi seputar pariwisata di wilayah Manggarai barat Khususnya Labuan Bajo sekaligus berfungsi untuk kenyamanan dan keamanan.

Kapolres melanjutkan, Electronic Securing Integrated System (ESIS) yakni strategi pengembangan destinasi wisata dengan mensinergikan kekuatan pemerintah dan kekuatan sektor swasta, berbasis teknologi informasi. ESIS dinilai sebagai strategi system yang luar biasa bila dijalankan mulai tahun depan, karena akan memberi keamanan, kenyamanan dan keselamatan bagi wisatawan.

“Penerapan Electronic Securing Integrated System (ESIS) sangat cocok di kawasan wisata premium Labuan Bajo. ESIS adalah wujud kongkrit dukungan terhadap kebijakan Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi super premium pertama dan satu-satunya di Indonesia,” kata AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Ketua Kadin Manggarai Barat, Ignasius Charles Angliwarman, S.Si. menambahkan, Kadin Mabar juga sudah membicarakan perihal upaya mendukung security dan keamanan, serta keselamatan bagi wisatawan khusus kapal pariwisata yang akan menggunakan KOMODO GPS.

“Tahun lalu, kita sudah pernah launching Komodo GPS dan telah digunakan oleh kapal ASKAWI. Komodo GPS ini sangat membantu mereka dalam pengontrolan kapal, karena dapat di-track langsung trip kapalnya, tinggal bersinergi dengan Program Platform ESIS-nya,” kata Charles.*

editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here