Pelaksanaan Haji 2022, Johan Marpaung: 240 Calon Jamaah Haji Balikpapan Siap Berangkat

0
83

Foto: Johan Marpaung, Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan

Balikpapan, penasatu.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Balikpapan mengingatkan jemaah haji yang akan diberangkatkan pada periode tahun ini segera melakukan konfirmasi dan pelunasan biaya perjalanan haji.

“Alhamdulillah, keberangkatan haji untuk tahun ini telah dipersiapkan dengan berbagai kesiapan mulai dari paspor maupun peserta keberangkatan,” ucap Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan Johan Marpaung seusai pelepasan kafilah MTQ, Kamis (18/5/2022).

Johan menyampaikan untuk jemaah haji yang akan berangkat agar segera melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun 2022 dengan batas akhir yakni pada tanggal 20 Mei.Jika ada calon haji yang sesuai daftar keberangkatan belum melunasi biaya haji agar segera dilunasi

“Tanggal 20 (mei) ini terakhir pelunasan (biaya perjalanan haji) nanti akan kita rekap,” ujarnya kepada awak media.

Johan mengatakan untuk jumlah kuota haji kota Balikpapan tahun ini tidak mengalami perubahan. Ketentuan tahun ini sesuai dengan calon yang tahun lalu batal berangkat akibat kasus COVID-19 yang melonjak.

“Ketika dia belum lunas tahun lalu maka dia harus melunasi sesuai apa yang keputusan sekarang,” ujarnya

Johan menyampaikan, Kuota haji untuk Kota Balikpapan tahun ini sebanyak 240 jemaah. Pihaknya telah mempersiapkan berbagai persiapan kelengkapan persyaratan keberangkatan calon jamaah haji Balikpapan.

“Yang jelas kita siap memberangkatkan ini dengan berbagai persiapan,” ujarnya

Terkait vaksin COVID-19 bagi calon jemaah haji Kota Balikpapan tahun ini, pihaknya telah memfasilitasi bagi calon jamaah haji.

“Pokoknya kita sudah siap, jamaah sudah vaksin semua, sudah siap. Paspor sudah kita cek,” ujarnya

Pihaknya pun kini tengah mempersiapkan untuk menggelar manasik dalam waktu dekat. Embarkasi Haji Batakan juga sudah di sterilkan. “Ini lagi pendataan manasik, segera melakukan manasik,” ujarnya.

Terkait Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), pihaknya menjelaskan untuk embarkasi Balikpapan rencananya terdapat 8 kloter yang bergabung dengan jamaah lainnya dengan calon jemaah haji dari Sulawesi Utara (Sulut) maupun Sulawesi Tengah (Sulut).

“Untuk PPIH Balikpapan tetap satu, satu ibadah haji, satu petugas kloter, jika Balikpapan tidak cukup satu akan bergabung dengan wilayah lainya,” ucapnya.

Keberangkatan calon jamaah haji dari kota Balikpapan masuk pada gelombang kedua dan rencana keberangkatan pada tanggal 22 Juni 2022.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here