Pelajar yg Sudah Bisa Memilih Jangan Pilih ‘Kucing Dalam Karung’

0
108

Noor Thoha Ketua KPU Kota Balikpapan di SMA 4 Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan hari ini, Senin (13/1/2020) mulai menyongsong tiga SLTA (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas) untuk menggelar sosialisasi Pilkada 2020 mendatang.

Tiga sekolah yang hari ini menjadi tempat sosialisasi KPU diantaranya SMAN 5, SMAN 4 dan SMKN 6. Saat di SMAN 4, Sepinggan Raya Balikpapan Selatan, langsung dihadiri Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha.

Noor Thoha bertindak sebagai Pembina Upacara, di hadapan murid SMAN 4 Noor Thoha menyampaikan agar pelajar yang tahun ini memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya.

Thoha juga meminta kepada pelajar agar menghindari pemberian berupa uang yang bertujuan untuk memilih/mendukung salah satu pasangam calon.

Selain itu juga dirinya menyampaikan pilihlah pemimpin yang benar- benar memiliki integritas tinggi dalam membangun Kota Balikpapan.

Pemilih harus cerdas, dengan melihat visi dan misi yang diberikan oleh pasangan calon. “Jangan memilih pemimpin, seperti kucing dalam karung, dipilih kucingnya tapi tidak tahu isinya apa kucing bersih atau kucing kurap (penyakitan),” kata Noor Thoha.

Thoha menilai, saat ini di setiap sekolah siswa/siswi yang memiliki hak pilih sangat banyak ada sekitar 500 pemilih pemula atau sekita 50 persen dari jumlah pelajar di setiap sekolah.

Sehingga ini merupakan potensi bagi KPU untuk membangun karekter siswa/siswi dalam menentukan hak pilihnya sesuai dengan harapan KPU, yaitu menyandarkan pada visi dan misi dan program yang menurutnya sangat penting.

“KPU berharap pemilih dari kalangan pelajar tidak terkontaminasi dengan yang namanya money politic dan yang namanya politik identitas,” harapnya.

Saat ini jumlah posisi pemula didalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 15 persen, dari 15 persen mengacu pada data yang dimiliki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan ada sekitar 25 ribu pelajar yang saat ini memiliki hak pilih.

“Dari data pemilih pemula itu, tentu saja kami dari KPU berharap target KPU untuk partisipasi pemilih pemula sekita 80 hingga 90 persen bisa tercapai,” pungkasnya.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here