Peduli Keselamatan Berlalu Lintas

0
268
Walikota Rizal Effendi melepas Peserta Lari 10K dan 5K di area PT.Tanskon Jaya

Penasatu.com, BALIKPAPAN– Untuk mensukseskan program keselamatan berlalu lintas, PT Transkon Jaya bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan mengadakan Sosialisasi Tentang Keselamatan Berlalu Lintas yang disampaikan langsung oleh Sigit Irfansyah Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan RI di Batakan ke peserta lomba lari pada (10/3).


Atas dasar tingginya angka lakalantas , Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana memasang alat atau stiker pemantul cahaya, khususnya bagi angkutan.
Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub menyosialisasikan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK 5311/AJ.410/DRJD/2018 tentang Pedoman Teknis Alat Pemantul Cahaya Tambahan pada Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan dan Kereta Tempelan

Sigit mengatakan, pemasangan stiker pemantul cahaya ini guna mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Angka lakalantas di jalan raya lanjut Sigit cukup tinggi, seperti tabrak belakang dan samping. Saat ini masyarakat sudah mulai sadar terhadap keselamatan. Salah satu keselamatan itu adalah menggunakan pemantul cahaya tambahan.

“Stiker pemantul cahaya ini bisa terlihat pada jarak 200 meter. Tempat pemasangannya nanti di bagian samping dan belakang sesuai bentuk kendaraan,” jelas Sigit.

Saat ini, lanjut Sigit, pihaknya masih terus menyosialisasikan rencana tersebut sebelum nantinya mulai diterapkan per 1 Mei 2019.

Dirinya memaparkan, setelah masa sosialisasi yang dilakukan selesai dan masuk ke penerapan, akan ada sanksi yang diberlakukan bagi pengusaha yang tidak menaatinya.
“Pemasangan stiker pemantul cahaya itu nanti akan masuk dalam salah satu syarat untuk mengurus perpanjangan KIR. Jika memang tidak ada (stiker pemantul cahaya), maka akan kami evaluasi uji KIR-nya,” kata Sigit.

Memang peraturan tersebut masih ditujukan bagi kendaraan angkutan.
Sedangkan untuk kendaraan pribadi, menurut Sigit , masih digodok petunjuk teknisnya.

“Karena kalau kendaraan pribadi ini kan sifatnya privasi. Takutnya malah nanti jadi ramai,” ucap Sigit.

Sebelum mengikuti sosialisasi, para peserta mengikuti lomba lari 10 Km dan 5 Km yang digelar PT Transkon Jaya. Lomba ini digelar dalam rangka HUT PT Transkon Jaya ke-17 dan HUT Kota Balikpapan ke-122 dengan start dan finish di kantor PT Transkon Jaya jalan Mulawarman,Manggar.

Peserta dilepas langsung oleh Walikota Balikpapan HM.Rizal Effendi,SE yang sangat mendukung kegiatan olahraga ini karena bagian dari program pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang sehat.

“Kami mengucapkan selamat berolahraga, jagalah ketertiban, jagalah sportivitas, dari start sampai finish serta tetap menjaga kebersihan”, ungkap Rizal.

Rizal pun mengingatkan kepada peserta untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan botol dan kantong plastik, sehingga bisa menjadikan Balikpapan sebagai kota bersih dan sehat serta menjadi kota percontohan bagi daerah lain.

“Mudah-mudahan ini menjadi agenda tahunan yang digelar oleh PT Transkon Jaya bersama Pemkot Balikpapan,” ujar Rizal.

Kayin Fauzi CCO PT Transkon Jaya menuturkan kegiatan ini sejalan dengan tujuan PT Transkon Jaya, yakni meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi bagi masa depan yang lebih sehat antara lain melalui olahraga, sebab kalau kondisi masyarakat sehat maka produktivitas dalam bekerja juga meningkat sehingga bisa meningkatkan penghasilan hidup mereka.Maka disinilah peranan PT Transkon Jaya yang selalu peduli dengan pembangunan masyarakat dimana pun berada.

Kayin pun mengatakan peningkatan itu sesuai dengan target. “Ya, memang tujuan utamanya adalah untuk semakin menginspirasi keluarga Indonesia untuk mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif,” ujarnya.

Menariknya dalam kegiatan ini juga diikuti oleh anak-anak usia Sekolah Menengah Pertama, bahkan yang pertama mencapai garis finish untuk 5 Km adalah Elsa Auriya siswi SMPN 5 Balikpapan, dengan penuh semangat dalam kondisi nafas yang turun naik berhasil mencapai garis finish lebih dulu.

“Rutenya cukup menantang dan melelahkan. Kemarin saya baru mengikuti lomba lari dengan medan yang sama menantangnya,” jelas Elsa yang juga penggemar bulutangkis ini.(are)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here