Pedagang Lantai Atas Terminal Semayang Keluhkan Mahalnya Sewa Tempat

0
134

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Para pedagang di lantai atas areal Terminal Pelabuhan Semayang, Balikpapan Kota mengeluhkan pemasukan (income) yang tidak mencapai target dan tak seimbang dengan mahalnya sewa tempat.

Sehingga para pedagang tidak mencapai target untuk membayar sewa tempat yang besarannya mencapai Rp 3 juta/bulan, dengan alasan para penumpang yang akan berangkat dan yang turun tidak mampir ke toko mereka di lantai atas dan lebih cenderung berbelanja dengan para pedagang asongan.

Ardiansyah SH MH

Menyikapi kejadian tersebut, Ketua Forum Komunikasi Masyarakat Pedagang Pelabuhan Semayang Balikpapan H Amir Syarifuddin yang didampingi sekretarisnya Mukhlis Absoni menuturkan, kurangnya pengunjung yang naik ke lantai atas terminal Semayang untuk berbelanja diakibatkan kurangnya ketegasan petugas untuk mengatasi pedagang asongan secara maksimal.

Amir juga menduga ada pembiaran yang dilakukan oknum yang ikut bermain, sehingga menyebabkan sepinya pembeli yang naik ke lantai atas.

“Penumpang yang akan berangkat dan turun/datang tidak ada yang naik ke lantai atas, karena maraknya pedagang asongan dibawah. Ini ada apa sebenarnya, apakah adanya pembiaran atau ada oknum yang sengaja bermain,” kata Amir dengan nada tanya.

Ia juga menambahkan kejadian tersebut sudah berlangsung sejak bulan Mei tahun 2018 hingga saat ini pedagang di lantai atas yang jumlahnya ada 10 kios belum merasakan hasil yang diharapkan ditambah lagi dengan sewa yang begitu tinggi.

Setiap bulanny selalu nombok untuk membayar sewa kios, namun sangat diharapkan pihak managemen Pelindo IV dapat memberikan keringanan sewa tempat bagi pedagang.

“Saya selaku Ketua Forum, menginginkan komitmen dari pihak managemen Pelindo IV, sesuai dengan surat edaran yang sudah disepakati dan sesuai hasil rapat dengar pendapat (RDP) bersama komisi 2 di DPRD Balikpapan terkait dengan penertiban,” tegas Amir.

Hal senada juga disampaikan Ketua PBH Peradi Balikpapan Ardiansyah SH MH selaku pendamping para pedagang. Dirinya meminta agar pihak managemen Pelindo IV dapat melaksanakan komitmen yang sudah disepakati dan kesepakatan yang sudah dilakukan saat RDP dengan komisi 2.

Ardiansyah akan melakukan komunikasi lebih jauh dengan managemen Pelindo IV seperti apa keputusannya ke depan. Namun jika tidak bisa memberikan tanggapan, maka PBH bersama pedagang akan ke DPRD untuk melakukan RDP kembali bersama pihak terkait Pelindo supaya para pedagang ini bisa hidup layak berjualan.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here