Pantau Penanganan Covid-19, LO BNPB Pusat Kunjungi Kubar

0
66

Brigjen TNI (Purnawirawan) Nanang Haryanto, LO BNPB Pusat (nomor 3 dari kanan) saat berada di Kubar di dampingi H.Edyanto Arkan Wakil Bupati Kubar, Kapolres Kubar Roy Satya Putra, Dandim 0912 Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Asisiten I Dr.Misran Effendi, S.STP, SH, M.Si dan Asisten II Ayonius S.Pd, MM

Reporter : Ichal penasatu.

Penasatu.com, Kutai Barat – Petugas Penghubung/ Liaison Officer (LO) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Brigjen TNI (Purnawirawan) Nanang Haryanto melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) guna memantau pelaksanaan penanganan covid -19 di wilayah Kalimantan Timur.

Selain melakukan pertemuan dengan pejabat Kutai Barat, Brigjen TNI (Purn) Nanang Haryanto juga meninjau langsung Rumah Sakit Pratama yang berada di Kecamatan Linggang Bigung yang kini dijadikan sebagai ruang isolasi Pasien Covid-19 di Wilayah Kubar.

Saya khusus ditugaskan mengunjungi Kabupaten dan Kota di wilayah provinsi Kaltim untuk memantau dan melihat langsung sejauh mana pelaksanaan penanganan covid-19, ujar Nanang Haryanto saat dikonfirmasi usai pertemuan di Gedung Aji Tullur Jejangkat, Kubar, Selasa (9/6/20).

LO BNPB Pusat saat kunjungi Rumah sakit Pratama di Kecamatan Linggang Bingung Kubar

.Dari semua kegiatan yang dilaksanakan dalam kunjungan kerjanya itu, Ia menilai bahwa penanganan Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat sudah cukup baik.

“Yang saya lihat disini, semua yang tergabung dalam gugus tugas penanganan Covid-19 ini cukup bagus. Dimana tiap hari diadakan apel, untuk diberikan arahan-arahan, apa yang harus dilaksanakan hari per-harinya. Dan memang itu yang harus dilakukan oleh satuan gugus tugas yang ada di daerah, ujarnya.

Selain itu, posko juga sudah dibentuk, dan siapa berbuat apa disini juga sudah sangat jelas,”beber Nanang Haryanto.

Sementara Wakil Bupati Kutai Barat, H.Edyanto Arkan.SE menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Tim LO BNPB tersebut, karena banyak informasi bermanfaat yang diterima Pemerintah Kabupaten Kubar dalam penanganan Covid-19, ujar Wabup.

“Lebih lanjut Edyanto Arkan mengatakan, salah satunya bahwa ada akses kita untuk mengusulkan beberapa keperluan, yakni selain melalui jalur formal secara struktural BNPB, bisa juga melalui LO, sehingga itu bisa terkonfirmasi dan cepat penanganannya,” terang Edyanto Arkan.

Meski Tim Gugus Kubar mendapat apresiasi atas sinergitas yang cukup baik terhadap penanganan virus corona. Namum Edyanto tetap mengharapkan dukungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat Pusat dan Provinsi. Terutama dalam membantu tim gugus Kabupaten melakukan cara bertindak, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terjadinya lonjakan pasien, pintanya.

Namun demikian, lanjut Edyanto, kami bersyukur, kasus Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat saat ini dalam kondisi landai atau menunjukkan tren cukup baik, dimana Jumlah penderita yang terkonfirmasi positif mulai menurun. Kemudian jumlah pasien sembuh juga cukup signifikan.

Seperti diketahui, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat sebanyak 23 Orang. Perkembangannya saat ini, 14 orang telah dinyatakan sembuh, sementara 9 orang lainnya masih menjalani perawatan. Masing-masing 7 orang di Rumah Sakit Pratama Kecamatan Linggang Bigung, 1 orang di RSUD Kanujoso Kota Balikpapan dan 1 orangnya di Ruang Isolasi Klinik PT.Thiess Kubar.

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Brigjen TNI (Purn) Nanang Haryanto melakukan pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang diikuti Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, Dandim 0912 Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Kapolres Kubar AKBP. Roy Satya Putra, Asisten I Setdakab Dr.Misran Effendi,S.STP, SH, M.Si, Asisten II Ayonius,S.Pd, MM dan Jajaran Dinas/Instansi terkait.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here