Musrembang Desa Pong Ruan, Ini 10 Kegiatan Prioritas Untuk Tahun Angaran 2021

0
44

Musrembang Desa Pong Ruan, 2020.

Reporter : Filmon Hasrin.

Penasatu.com, Manggarai Timur.NTT-Menindaklanjuti surat Camat Kota Komba Nomor: 021.3/210/X/2020 tentang pelaksanaan Musrembang dan dalam rangka mempercepat proses penyusunan RKPDes untuk Desa Pong Ruan, Pemerintah Desa (Pemdes) Pong Ruan, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrembangDes) Tahun Anggaran 2021, Jumat (30/10/20).

Peserta MusrembangDes menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musrembangdes dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2021, antara lain:
a). Lanjutan pengerjaan sirtu jalan Landang-Ndangare
b). Telfor jalan Gulung-Dalo
c). Pengerjaan Gedung PAUD Wamedan di Dusun Dalo
d). Pembenahan air minum Dusun Dalo
e). Lanjutan pengerjaan Balai Rakyat menggunakan Dana Desa sisa Tahun Anggaran 2019.
f). Stunting
g). Permohonan tanah dan gedung PAUD Cinta Damai Dusun Lada
h). Insentif Guru PAUD, SD, dan SMP
i). Pergantian pipa air bersih untuk jalur Postu, SD, Kapela, dan wilayah sekitarnya.
j). Membangun tembok penahan tanah di belakang gedung lama SMPN-10 Kota Komba yang berbatasan langsung dengan lapangan sepak bola.

Kesepuluh poin di atas sebagai hasil Musrembangdes hari ini. Dan akan direalisasikan semua di tahun 2021. Dan itu akan terjadi jika dana dari pusat bisa mendanai semua pembangunan.

Kepada Penasatu.com, Widyawan Noveri, Ketua BPD Pong Ruan mengatakan, terkait MusrembangDes tahun 2020 untuk tahun anggaran 2021, kami menyepakati bersama hasil sebelumnya yang tidak sempat dilaksanakan di tahun 2019. Dan dimasukan dalam 2020 untuk tahun anggaran 2021.

“Tadi ada kesepakatan, salah satunya adalah pembangunan gedung PAUD Wamedan. PAUD ini sudah dimasukan dalam hasil MusrembangDes tahun 2019 untuk tahun anggaran 2020, tetapi karena memang kendala Pandemi Covid-19, jadi secara keseluruhan pembangunan fisik untuk tahun 2020 dibatalkan,” jelas Widyawan.

Tokoh Pendidik, Yohanes Jimi Oyadi dalam kesempatan ini menyampaikan harapannya, semoga apa yang kita bahas tadi dapat terealisasi, terlebih khusus pembangunan gedung PAUD. Dan mudah-mudahan insentif Guru PAUD juga berjalan lancar.

Sementara itu Kepala Desa Pong Ruan, Dosansianus T. Lewagan mengatakan, semoga dalam pelaksanaan nanti tidak ada hanbatan lagi, sehingga proses pembangunan kedepan dapat berjalan dengan baik dan bisa mencapai apa yang disepakati bersama.

“Kebutuhan-kebutuhan yang menjadi prioritas akan bisa terjawab,” ujar Kades usai kegiatan.


Dalam kegiatan MusrembangDes ini dihadiri oleh BPD, Perangkat Desa, Pendamping Desa, Tokoh Pendidik, Tokoh muda, Pengelola PAUD, PDP, PLD, PDP, Kader Psyandu, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ketua PKK, RT/RW, Linmas, dan Pendamping PKH.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here