Momen Idul Adha Bagi Abdulloh Adalah Waktu Untuk Meningkatkan Hablum Minnallah dan Hablum Minannas

0
479

Balikpapan, penasatu.com – Perayaan Hari Raya Idul Adha memiliki makna mendalam bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk bagi umat muslim di seluruh Nusantara.

Salah satunya, Ketua DPRD Kota Balikpapan, H Abdulloh S Sos, ME. Dimana pada Idul Adha 1445 Hijriah tahun ini, Abdulloh menekankan pentingnya meningkatkan hubungan antara Allah SWT dan manusia, yang dikenal sebagai Hablum minallah, serta hubungan antar manusia, yang disebut Hablum minannas.

“Bagi saya dan keluarga, dalam memaknai Hari Raya Idul Adha, adalah dengan menjalin hubungan yang kuat dengan Allah SWT serta mempererat hubungan sosial antar sesama manusia,” ungkap Abdulloh, Senin (17/6/2024).

Abdulloh menjelaskan bahwa Habluminallah adalah kewajiban setiap umat Islam untuk menjalankan hubungan yang baik dengan Allah SWT. Sementara itu, Habluminannas mencakup hubungan antar manusia, yang melibatkan melatih diri, jiwa, dan keimanan untuk bersosialisasi dengan masyarakat di Kota Balikpapan.

“Kehidupan sosial sangat diutamakan, karena dalam kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, melalui berkurban kita bisa membantu sesama umat Muslim dan mereka yang membutuhkan,” ujar Abdulloh.

Abdulloh berharap bahwa perayaan Idul Adha tahun ini dapat meningkatkan keimanan umat Muslim. Keimanan ini, menurutnya, dapat diperoleh melalui pembelajaran yang diambil setiap tahun. Selain itu, ia berharap rasa solidaritas, sosial, dan kepedulian antar sesama terus tumbuh.

“Dengan meningkatnya keimanan, solidaritas, dan kepedulian sosial, kita dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan saling mendukung,” tambahnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here