Maria Geong, Perempuan Tangguh dari Barat Manggarai

0
41 views

drh, Maria Geong Ph.D

penulis : Alfonsius Andi

Penasatu.com, Manggarai Barat.NTT– Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 merupakan ajang kontestasi politik lima tahunan yang menjadi pembuktian diri akan pengabdian dan komitmen kepada masyarakat.

Pun, demikian halnya di Pilkada Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bermunculan sosok sosok intelektual dari berbagai kalangan.

Seperti drh Maria Geong Ph.D wanita kelahiran Ruteng, Kabupaten Manggarai Barat. Ia menamatkan pendidikan dasar di SDK Ruteng III (1970), SMP Subsidi (1973), dan SMA Swadaya Bersubsidi (1976). Lalu pendidikan sarjananya didapat dari Fakultas Kedokteran H, demikian ewan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (1983) serta pendidikan S2 (1996) dan doktor (2000) dari Murdoch University, Australia.

Doktor lulusan Negeri Kanguru ini juga punya segudang prestasi dan pengalaman berorganisasi dan pekerjaan.

Mulai dari anggota GMNI Yogyakarta (1978-1985), Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI), anggota Australian Alumni Representative Group-Indonesia, Wakil Ketua Himpunan Peternak dan Pengusaha Perunggasan (HP3) NTT, Tim Penasehat Asosiasi Peternak dan Pengusaha Babi (ASPPEBI) NTT, Wakil Ketua Bidang Maritim, Ekonomi, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Manggarai Barat Masa Bakti 2015-2020, hingga sebagai Koordinator, Peneliti Utama dan Supervisor pada berbagai penelitian di dalam dan luar negeri.

Sebut saja The Development Of a National Surveillance System for Classical Swine Fever, Avian Influenza and Foot Mouth Disease in Indonesia and Australia, Livestock Movement and Managing Disease in Eastern Indonesia and Eastern Australia (Extension to RD Timor Leste 2011-2012), Improving Veterinary Service Delivery in Decentralised Indonesia, tim Collaborative Survey Emerging and New Emerging Infectious Disease di wilayah Timur Australia, Papua Nugini, wilayah selatan Indonesia dan RD Timor Leste, tim Pengkaji Pembangunan Program Studi Kesehatan Hewan di Politeknik Negeri Kupang, tahun 1999-2002 dan tim penggagas pengembangan program studi kedokteran hewan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang tahun 2004-2006.

Tahun 2001 – 2004 Maria Geong menjabat Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Hewan pada Dinas Peternakan Provinsi NTT dan Kepala sub Dinas Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Peternakan Provinsi NTT tahun 2004-2009.

Lima tahun kemudian, 2009-2013, dirinya menjabat Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas NTT, serta fungsional Penyuluh Pertanian Madya pada Dinas Peternakan Provinsi NTT pada 2013-2015. Dia juga pernah menjadi dosen tidak tetap Politeknik Pertanian Negeri Kupang pada 1987-1995.*

editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here