Lelang Logistik Pemilu, KPU Masih Survei Harga

0
145
Syabrani Sekretaris KPU Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 lalu memang akan segera dilelang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Namun waktu pelaksanaan lelang belum bisa dipastikan kapan, karena saat ini KPU Balikpapan masih dalam tahapan pembongkaran logistik pemilu tersebut.

“Memang akan segera kami lelang. Tapi sebelumnya kami akan melakukan pembongkaran logistik pemilu tersebut sesuai dengan instruksi dari Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU agar dikosongkan terlebih dahulu,” ujar Sekretaris KPU Balikpapan Syabrani saat dijumpai media ini di kantornya, kemarin.

Alex, sapaan karib Syabrani melanjutkan, pelaksanaan pembongkaran tersebut sebelumnya dengan meminta izin terlebih dahulu ke komisioner KPU Balikpapan untuk merestui dengan melibatkan kehadiran Bawaslu dan pihak Kepolisian.

“Jumlah logistik yang dibongkar saat ini sebanyak 2055 TPS yang ada di Kota Balikpapan atau sekitar 10.275 kotak suara. Dari seluruh logisitik yang ada, hanya terdapat beberapa item tertentu yang boleh dilelang,” tutur Alex.

“Baik seperti kotak suara, kertas suara serta bebarapa form C1 yang tidak berhologram, namun untuk C1 baik itu plano dan sebagainya yang terdapat Hologram akan diserahkan kebagian Arsip Negara.”

Saat ini hampir dari seluruh kotak suara yang ada semuanya dalam keadaan rusak akibat basah dan lembab, jika digunakan kembali sepertinya tidak mungkin lagi.

“Memang tidak semua kotak suara yang keadaannya rusak, ada sekitar 20an kotak suara yang bisa digunakan, itupun bukan untuk pemilu, tapi untuk sekolah-sekolah yang mau pinjam untuk pemilihan Ketua Osisi,” bebernya.

Selain kotak suara, logisitik seperti sisa tinta, pulpen dan spidol yang digunakan saat pencoblossn itu tidak dilelang, melainkan dapat digunakan siapa saja, atau untuk keperluan di sekolah seperti dijelaskan tadi (Pemilihan Ketua Osis).

Saat ini harga untuk setiap item logistik belum bisa dipastikan, karena KPU Balikpapan masih melakukan survei harga di beberapa pengepul di kota ini.

“Jika sudah ditentukan, KPU Balikpapan akan memberikan harga yang berada di tengah-tengah dari harga yang ada di pasaran,” pungkas Alex.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here