Kutai Barat Siaga Darurat Covid-19, 1 Positif, 5 PDP dan ODP 168 orang

0
33 views

Lengkap, Bupati Kutai Barat FX.Yapan,SH (Tengah) bersama Wabup Edyanto Arkan, Kadiskes dr.Ritawati Sinaga, Kapolres AKBP Roy Satya Putra, Direktur RSUD HIS dr.Akbat, Sekda Kubar Drs.Yacob Tullur.MM, Dandim 0912 Kubat Letkol Inf.Anang Sofyan Effendi, Kadishub Rahmat dan kalak BPBD Kubar. Saat gelar jumpa pers di Rumah Jabatan Bupati Jln.Komplek Perkantoran Pemkab Kubar.

Penasatu.com, Kutai Barat – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat (Kubar) bersama gugus tugas gelar jumpa pers terkait upaya lanjutan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kutai Barat.

Bupati Kutai Barat FX.Yapan,SH mengungkapkan, kini Kutai Barat telah di tetapkan sebagai siaga darurat covid -19, untuk iti berupaya membagi pos pos termasuk di daerah perbatasan untuk mendata sehingga mengetahui orang yang masuk dan orang yang keluar di Kabupaten Kutai Barat.

“Perlu untuk di ketahui, jumlah mobil(Kendaraan) yang masuk ke Kutai Barat sejak 3 April 2020 kemarin, dari data yang masuk melalui Kecamatan Bongan dalam wilayah UPT Puskesmas Jambu ada 650 unit kendaraan dengan jumlah penumpang 976 orang,” jelas Bupati saat gelar jumpa pers, di rumah jabatan, Bupati Kubar Jln.Komplek perkantoran Pemkab Kubar, Sabtu (4/4/20).

Dari hasil dari pemeriksaan medis , terungkap yang ODP sebanyak 168 orang , PP 145 orang, SP 23 orang. Untuk pasien PDP ada 5 orang diantaranya dari Kecamatan Melak dua orang, Kecamatan Barong Tongkok satu orang, Kecamatan Long Iram satu orang, Kecamatan Bongan satu orang. Kemudian untuk jumlah yang derefit se Kabupaten Kutai Barat ada 33 orang, yang negatif 32 orang dan positif 1 orang, beber Bupati

Masih kata FX Yapan, dari pemeriksaan awal satu orang yang sudah dinyatakan positif dan sudah di isolasi di RSUD HIS. Namun menurutnya pemeriksaan lengkap masih akan dikirim ke Surabaya. Dan kita tunggu hasilnya nanti, tegas Yapan.

Dari pihak keluarga yang terduga positif ini semuanya sudah diperiksa, dari 11 orang semua dinyatakan negatif.

Kita sudah persiapkan beberapa tempat untuk karantina PDP. Untuk ODP kita kasih kesempatan untuk karantina mandiri dan tetap dipantau, katanya.

Fx.Yapan, Pemerintah Kubar kini sudah mempersiapkan ada beberapa tempat untuk karantina, diantaranya RSUD HIS, Rumah Sakit Pratama dan Asrama Paskibraka.

FX Yapan, menghimbau kepada seluruh masyarakat Kutai Barat untuk tetap tenang, berfikir yang positif, waspada dan disiplin.

Ikuti himbauan pemerintah dengan bertindak proaktif, saling mendukung dan tidak mudah percaya dari berita yang bersumber tidak resmi atau hoax.

Social ataupun phisycal distancing adalah himbauan yang harus dipatuhi, yaitu dengan menjaga jarak, menghindari kerumunan, jangan keluar rumah bila tidak ada keperluan mendesak.

“Dan masyarakat harus terus mendukung upaya- upaya Pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19, sehingga di Kutai Barat tetap aman.”pungkasnya.*

Wartawan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here