KPU Kubar: Antisiapsi Covid-19, Kegiatan Tahapan Pilkada di Tunda

0
131

Ketua KPU Kutai Barat Arkadius Hanye,SH.

Penasatu.com, Kutai Barat – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) kini memperpanjang tugas/bekerja ditempat tinggal masing-masing (Work from home) dalam rangka mencegah penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

Dan KPU kini sudah menunda 4 tahapan yang sudah dimulainya dari surat edaran KPU RI No 8 tahun 2020 dan surat keputusan KPU RI No 179 tahun 2020.

“Padahal tahapan ini sudah di susun sedemikian rupa guna menuju pelaksanaan hari H, di 23 September 2020.

“lanjut Arkadius, sebab itu KPU RI punya pertimbangan bahwa ini perlu di kaji lagi tahapan yang sudah ditetapkan.Tetapi didalam Undang-Undang, sudah disebutkan tidak ada kata penundaan yang ada adalah lanjutan atau susulan dari pemilu itu, artinya kalau sebagian sudah berjalan itu lanjutan dan bisa disebut pemilu susulan tidak ada penundaan,” ujarnya.

Masih kata Arkadius Hanye, oleh sebab itu KPU RI memberi opsi, dan kemarin juga sudah ada rapat antara komisi dua DPR RI, kemudian KPU RI, Mendagri sebagai wakil Pemerintah kemudian DKPP, BAWASLU RI.

Bahwa intinya jalan untuk penundaan tahapan itu lebih penting tetapi dasar dari pada payung hukumnya adalah harus melalui peraturan pengganti undang undang.” bebernya.

Ada opsi di tunda kebulan Desember tahun 2020 atau di bulan Maret tahun 2021 atau September 2021, berarti 12 bulan seperti yang pernah dirilis beberapa media pusat, bahwa KPU RI memberi opsi salah satunya itu dari tiga opsi,” bebernya.

“Arkadius, menjelaskan lagi, namun untuk petunjuk resminya kita belum terima, baik keputusan ataupun juknis terhadap wacana penundaan pilkada.

Pertanyaannya apakah tetap sesuai dengan yang di atur dalam Undang Undang No 10 tahun 2016 atau dikuatkan dengan perpu penundaan untuk pelaksanaannya itu yang kita tidak tahu.

KPU Kubar masih menunggu untuk proses ini , tetapi mengapa KPU menunda empat tahapan tadi, Ini di karenakan adanya penyebaran Covid-19 yang semakin meluas. Sehingga sangat menguatirkan kegiatan KPU dalam bersosialisasi, beristraksi antar manusia. Karena keselamatan itu lebih berarti dari segala galanya, punkas Arkadius Hanye.

Wartawan : Ichal.

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here