KPU Berdayakan Babinsa Demi Suksesnya Pilkada

0
137

Dandim 0905/Balikpapan bersama Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha foto bersama Jajaran Babinsa se Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Demi keamanan dan kelancaran untuk mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Komando Distrik militer (Kodim) 0905/Balikpapan mengundang segenap personil KPU (Komisi Pemilihan Umum). Undangan silaturahmi sekaligus pengarahan atau sosialisasi tentang pemilihan wali kota dan wakil walikota Balikpapan di Aula Makodim 0905/Balikpapan, Rabu (29/1/2020).

Kompak, Dandim 0905 Balikpapan dan Ketua KPU Balikpapan

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa personil TNI (Tentara Nasional Indonesia) yakni para Bintara Pembina Desa (Babinsa) guna memberikan pengarahan terkait dalam penyelenggaraan kegiatan tahapan pemilihan walikota di Balikpapan pada 23 September mendatang.

“Untuk sukses dalam pilkada, KPU juga tidak bisa berdiri sendiri, harus di back-up seluruh stakeholder dan salah satunya adalah TNI/Polri,” kata Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha.

“Maka hari ini dalam tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota, kita menggandeng Kodim 0905/BPP dalam rangka membekali seluruh Babinsa-Babinsa yang ada di Balikpapan untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat betapa pentingnya kita menggunakan hak pilih.”

Thoha juga menambahkan, membekali Babinsa-Babinsa ini juga sebagai ujung tombak dari TNI. “Beliau-beliau juga kalau bicara di dengar masyarakat, sayang kalau pembicaraan itu biasa biasa saja.
Maka dari itu pembicaraan ini kita akan isi dan kita bobotkan, karena ini momentum – momentum pilkada, maka setiap dari pembicaraan itu kita fokusnya ke pilkada sekaligus meluruskan berita – berita hoax. Karena Babinsa kalau bicara, ini hoax ini betul pasti akan di dengar,” urainya.

Melalui sosialisasi ini, KPU membekali para Babinsa untuk membantu KPU dalam menangkal berita-berita hoax, karena pengalaman pileg kemarin betapa beratnya KPU dalam menangkal berita hoax. Maka lewat media-media seperti ini KPU berharap, para Babinsa bisa menangkal berita-berita hoax.

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat mau menggunakan hak pilihnya di TPS, dan bagaimana masyarakat akan penuh kesadaran jangan sampai hak pilih ini didominasi oleh praktik praktik money politik dan didominasi oleh politik-politik efektifitas, jadi lewat berbagai macam upaya kami melakukan seluruh stakeholder terkait kita gerakan untuk mendongkrak partisipasi itu agar pilkada berjalan lancar, partisipasi tinggi, aman dan tentram masyarakat Balikpapan.”

Letkol I Gusti Agung Putu Sujarmawa mewakili dari satuan TNI Kolimpiade 0905/Balikpapan menuturkan, sosialisasi ini dilakukan kepada para Babinsa agar pada saat pembinaan di tengah-tengah masyarakat, bisa juga menyelipkan untuk mengajak masyarakat agar berperan aktif dan berpartisipasi aktif untuk menggunakan hak pilihnya sehingga pilkada ini bisa maksimal, berjalan lancar dan sukses.

“Selain tugas kami dalam melaksanakan pengamanan, kita juga akan membantu KPU menyuarakan supaya masyarakat berperan aktif untuk ikut dalam pilkada di Balikpapan,” tegasnya.*

Wartawan: Solihin
Editor: BS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here