KPU Bentuk Kampung Demokrasi, Guna Tingkatkan Partisipasi Pemilih

0
4 views

Mega Feriany Ferry S Kom saat berada di kantor KPU Balikpapan

Penasatu.com, Balikpapan – Tahapan sosialisasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan dengan beragam cara. Sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat, salah satunya guna meningkatkan partisipasi kepada pemilih pemula.

Salah satu sosialisasi kepada pemilih pemula adalah dengan membentuk “Goes to School” yang saat ini tengah berjalan. Hal tersebut disampaikan Mega Feriany Ferry S Kom saat berada di kantor KPU Balikpapan, Jum’at (14/2/2020).

Dirinya menambahkan, selain sosialisasi GTS bagi pemula, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat nantinya KPU akan membentuk “Kampung Demokrasi”.

“Kampung Demokrasi akan dibentuk pada setiap Kecamatan yang ada dikota Balikpapan, maka dari itu KPU akan melakukan komunikasi kepada pihak kecamatan dan kelurahan,” ujarnya.

Dalam satu minggu kedepan, KPU akan menyampaikan beberapa indikator-indikator yang cocok untuk wilayah yang dinobatkan menjadi “Kampung Demokrasi” dikecamatan tersebut, salah satu indikatornya yaitu melihat bahwa dikampung tersebut nampak jelas demokrasinya.

Indikator lainnya yang akan disampaikan dengan melihat angka partispasi masyarakatnya dalam pemilihan sebelumnya paling tidak imbang, tidak menunjukan keberpihakan dengan salah satu pasangan bakal calon, beber Mega.

Mega juga menambahkan, hal yang paling penting dalam membuat “Kampung Demokrasi” bahwa diwilayah terebut tidak ada penyebaran money politic.

Selama seminggu kedepan, lurah beserta jajarannya akan memastikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau Rukun Tetangga (RT) mana yang cocok untuk menjadi kandidat “Kampung Demokrasi”.

Kemudian setelah itu akan di diskusikan ketingkat Kecamatan, dan pihak Kecamatan akan menyerahkan beberapa kandidat untuk menjadi “Kampung Demokrasi” kepada KPU Balikpapan.

“Dan KPU akan turun kelokasi kandidat “Kampung Demokrasi” bersama tim penilai dan peninjau, untuk datang langsung ke tempat yang ditunjuk apakah kawasan tersebut memang layak,” tutupnya.*

Wartawan : Solihin

Editor : eds/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here