Komisi II Ingin Destinasi Wisata Kota Balikpapan Lebih Bersolek

0
189

H.Aminuddin.SH sekertaris Komisi II DPRD Kota Balikpapan.

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) yang akan menjadi kota penyangga IKN (Ibu Kota Negara) baru, tak memiliki banyak destinasi wisata, kecuali beberapa pantai, seperti Pantai Manggar Segarasari, Pantai Lamaru yang berlokasi di Balikpapan Timur, Pantai Kemala, dan Pantai Seteran (Batu-batu), Balikpapan Kota.

Minimnya objek wisata yang ada di kota ini dinilai Komisi II DPRD Balikpapan belum bisa memberikan daya tarik kepada wisatawan baik lokal, apalagi mancanegara untuk datang ke Kota “Beriman” (Bersih Indah Aman dan Nyaman).

Selasa kemarin, Sekretaris Komisi II DPRD Balikpapan H Aminuddin yang menilai kinerja dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) yang hingga saat ini belum maksimal saat jeda Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Aminuddin menawarkan beberapa program kepada SKPD yang mengelola kawasan pariwisata guna menarik minat pengunjung objek wisata di Balikpapan yang merupakan hasil studi banding di luar daerah, dan hal tersebut juga sudah diberikan dirinya saat menjabat di periode sebelumnya.

“Dalam pengelolaan sebuah kawasan pariwisata membutuhkan beberapa ide serta kreativitas dan sejumlah program agar memancing daya tarik dan minat pengunjung. Bisa saja nanti di kawasan pantai Manggar kita buat sentral kerajinan Suku Dayak, dimana didalamnya terdapat bermacam-macam kegiatan, baik seperti belajar tarian suku tersebut, kerajinan dan lainnya. Iya, wisata kota ini harus bisa lebih bersolek lagi, biar kian elok,” urai Aminuddin.

Maka dari itu Komisi II DPRD Balikpapan mendesak Disporapar Balikpapan secepatnya membuat terobosan-terobosan untuk meningkatkan pengunjung yang datang ingin menikmati objek wisata yang disajikan penerintah kota (pemkot).

“Selama ini kan yang dilihat cuma suasana pantai dan orang-orang yang berkunjung disana. Tidak ada kreativitas lain, hingga suasana itu menjadi membosankan. Makanya, perlu adanya terobosan yang mampu mengundang minat wisatawan datang,” pungkasnya.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here