Kodim, Bersama Polres dan Pemkab Kubar Gelar Apel Gabungan Hadapi Karhutla

0
52

Kompak, apel gelar pasukan gabungan antisipasi karhutla di Kubar. Kodim 0912 bersama Polres dan Pemerintah Kutai Barat

Reporter : Ichal Penasatu

Penasatu.com, Kutai Barat – Apel gelar pasukan dalam kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diikuti ribuan peserta dari tim gabungan karhutla dibawah koordinasi Pemkab Kubar. Peserta terdiri dari personil Kodim 0912, Polres Kubar, BPBD, Satpol PP, Tagana, serta Dinas Kehutanan.

Bertindak sebagai inspektur upacara Dandim 0912 Kubar Letkol Inf Anang Sofyan Effendy, didampingi Waka Polres Kompol Sukarman SH, serta Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kubar Ir H Ahmad Sofyan,M.Si. di Halaman Makodim 0912 , Jl. Sendawar Raya No.10 Barong Tongkok, Kubar, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (30/7/20) pagi berlangsung hikmat.

Dalam sambutan nya Dandim mengatakan, apel gelar pasukan itu dilaksanakan dalam rangka kesiapan penanganan dalam menanggulangi karhutla.

Fungsinya dan tujuan apel ini, mensinergiskan instansi dan stakeholder terkait, Sekaligus untuk mengecek personel maupun materil dalam penanganan karhutla,” jelas Anang Sofyan Effendy.

Dandim menambahkan, persiapan antisipasi karhutla harus semakin diperkuat. Berkaca pada beberapa tahun terakhir, dengan seringnya terjadi karhutla di Kutai Barat dan Mahakam Ulu.


“Biasanya wilayah di Kubar memasuki musim kemarau mulai pertengahan bulan Agustus. Yang dihadapi adalah karhutla.,” bebernya.

“Menurutnya, lanjut Dandim untuk menanggulangi dan antisipasi serta menangani karhutla perlu menyamakan persepsi seluruh pihak terkait dan menjadi tanggung jawab bersama TNI, Polri, Pemkab Kubar seperti Satpol PP, Tagana, BPBD dan masyarakat,” tegas nya.

Kapolres Kubar, AKBP Roy Satya Putra SIK MH, melalui Kompol Sukarman, SH menyatakan, Polres Kubar telah menyiapkan personel untuk bersama tim gabungan antisipasi karhutla di Kubar dan Mahulu.
“Polres Kubar mulai saat ini telah siap setiap saat. Untuk terjun kelapangan kapanpun terjadi karhutla. Sehingga utama persiapan personel bersama tim gabungan,”ujar Wakapolres.

Sementara Bupati Kubar FX Yapan SH, yang di bacakan langsung oleh pejabat Sekretaris Daerah Kutai Barat Ir.H.Ahmad Sofyan,M,Si . Bupati
mengimbau masyarakat se-Kubar agar selalu waspada dan mengantisipasi karhutla yang datangnya tak bisa diduga.

“Penyelesaian karhutla tidak bisa dilakukan secara parsial masing-masing pihak. Namun perlu kebersamaan stakeholder,” imbuhnya.

Bupati juga mengimbau seluruh pemangku kepentingan di Kubar, agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang sudah terbangun baik selama ini.

“Saya selaku kepala daerah memandang langkah ini penting. Kuatkan koordinasi seluruh instansi dan stakeholder. Sehingga jika terjadi karhutla dalam tahun ini dapat diatasi bersama dengan cepat dan tepat,” tutup Ahmad Sofyan.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here