Kodim 0905/Balikpapan Gelar Pagelaran Tari di Tengah Pandemi

0
60

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Upaya melestarikan Budaya yang ada di Indonesia khususnya Kalimantan Timur (Kaltim) di tengah pandemi covid-19 saat ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 0905/Balikpapan melaksanakan Penyelenggaraan Komunikasi Kreatif dengan mengangkat tema Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif.

“Pagelaran kesenian tari merupakan salah satu bagian kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan,” ujar Dandim 0905/Balikpapan Kolonel Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa.

Pagelaran tari yang dilaksanakan Kodim 0905/Balikpapan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan serta Forum Paguyuban Balikpapan dan Dewan Kesenian Balikpapan (DKB).

Disamping itu, untuk mengangkat SDM yang kreatif, inovatif dan adaktif, artinya sebuah tarian merupakan suatu karakter dari budaya yang harus dilestarikan dan dijaga.

Dari tarian yang dibawakan anak-anak muda inilah diharapkan tumbuh kreatifitasnnya, kemudian dengan tarian diharapkan anak-anak muda sekarang bisa lebih inovatif.

“Suatu kreatifitas bisa dimunculkan suatu kreasi yang baru, sehingga tumbuh inovatif-inovatif,” urai Sujarnawa.

I Gusti Agung Putu Sujarnawa juga berkeinginan untuk memunculkan anak-anak muda yang adaktif, karena di tengah persaingan global, maka yang bisa maju dan tetap eksis ialah SDM yang adaktif.

Dirinya juga mendorong agar pemuda indonesia memiliki karakter untuk melestarikan Seni dan Budaya yang ada di Kaltim.

Dandim, juga meminta agar pemuda sekarang dapat membantu pemerintah untuk mengatasi pandemi saat ini.

“Hilangkan rasa takut yang berlebihan terhadap pandemi, akan tetapi jangan juga terlalu percaya diri sehingga mengabaikan protokol kesehatan,” imbuhnya.

“Ketika kita bisa disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan, maka kita juga akan bisa produktif.”

Lanjut I Gusti Agung Putu Sujarnawa, nantinya peserta yang menjadi pemenang, akan berlanjut untuk di tingkat Kodam, diharapkan nantinya ada yang bisa sampai ketingkat Nasional.

Meski di tengah pandemi covid-19 pagelaran tari yang dilaksanakan Kodim 0905/Balikpapan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada.

Peserta yang menjadi pemenang hari ini akan berlanjut untuk di tingkat Kodam, diharapkan nantinya ada yang bisa sampai ketingkat Nasional.

Ditempat yang sama, Boentoro, selaku Sekretaris Disdikbud Balikpapan sangat mengapresiasi yang sangat luar biasa kepada Kodim 0905/Balikpapan yang telah melaksanakan pagelaran tari di tengah pandemi covid-19 saat ini.

Lanjut Boentoro, Disdikbud akan terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan instansi manapun, termasuk yang dilaksanakan hari ini, selagi kegiatan tersebut sifatnya dapat mengangkat kebudayaan Indonesia khususnya kaltim.

Dirinya berharap, pelestarian budaya akan terus dilakukan oleh generasi muda saat ini, sehingga budaya yang ada sekarang dapat dilestarikan dan diwariskan untuk generasi mendatang.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : HTBS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here