Kodam VI Mulawarman Perkenalkan Alutsista Anyar

0
0 views

Penasatu.com, Balikpapan – Kodam VI Mulawarman melalui Pendam VI/Mlw menggelar Press Geethring bersama puluhan awak media baik cetak, elektronik maupun online sekaligus memperkenalkan alutsista baru yang dimiliki Bekangdam KODAM VI Mulawarman, di Pelabuhan ADRI Kampung baru ujung, Balikpapan, Rabu (18/9).

Kabekang Kodam VI Mlw Kolonel CBA Hery Ismailliya.

Dihadiri Kapendam VI Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino dan Kabekangdam Kolonel CBA Hery Ismailliya dan staf Kodam VI /Mlw terkait lainnya.

“Kapal ADRI 42 hanya berkapasitas 150 dwt, bukan seperti kapal ADRI 51 dan 52 yang berada dibawah Mabesad yang memiliki kapasitas muat sampai 1500 dwt,” tutur Hery Ismailliya.

Kapal ADRI 42 yang ada saat ini memang usianya sudah tua (lama), namun kapal ADRI 42 ini masih efektif dan mampu dipergunakan untuk mendukung kegiatan latihan bersama Indonesia-Malaysia dan Philipina (Latmaindomalphi) untuk menggeser kendaraan, bekal-bekal maupun perlengkapan saat di Tarakan.

Untuk mengangkut personil sendiri, kapal ADRI 42 mampu mengangkut “Satu Kompi” personil, sedangkan untuk kendaraan bisa diangkut sebanyak 6 unit mobil jenis minibus.

“Kodam VI Mulawarman sendiri saat ini memiliki sembilan unit kapal yang berbeda jenis untuk wilayah balikpapan,” jelas Hery.

Untuk kapal yang baru saat ini memang baru satu unit yang datang, itupun jangkauannya nanti digunakan untuk medan rawa-rawa, jika uji coba ke depan dirasa efektif kemungkinan akan dilakukan penambahan.

“Kapal rawa yang disini merupakan buatan dalam negeri sendiri yang di produksi PT Mega Perkasa Enginnering yang lokasi pembuatannya ada di Bekasi, Jawa Barat,” beber Hery.

Keberadaan kapal rawa yang ada saat ini baru ada di Kota Balikpapan dan satu-satunya yang ada di Kalimantan dan kebetulan Kap. Indra yang dikirim saat melakukan pelatihan di sana.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here