Ketua PN Balikpapan Lantik Pimpinan Dewan

0
6 views

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) masa jabatan 2019-2024 dalam Sidang Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, tiga orang Wakil Ketua Thohari Aziz, Sabaruddin Panrecalle SS dan Subari, Kamis (10/10).

Sidang Paripurna itu dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan Sayid MN Fadly beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di Ruang Paripurna DPRD Kota Balikpapan.

Sebanyak 40 anggota dewan hadir menyaksikan proses pelantikan keempat unsur pimpinan yang langsung dilantik Ketua Pengadilan Negeri Balikpapan Liliek Prisbawono Adi S.H.,M.H.

Dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Kaltim Isran Noor yang dibacakan Sekda Balikpapan Sayid MN Fadly mengucapkan selamat dalam mengemban tugas dan amanah rakyat kepada pimpinan anggota DPRD Kota Balikpapan yang baru saja dilantik.

Sebagaimana ketentuan perundang-undangan bahwa DPRD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Hubungan antar pemerintah daerah dan DPRD merupakan hubungan kerja setara yang bersifat kemitraan. Sehingga pemerintah daerah dan DPRD saling bekerjasama dalam membuat kebijakan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

“Agenda selanjutnya yaitu segera mungkin penetapan susunan fraksi, kemudian dilanjutkan dengan penetapan pansus tata tertib (tatib) sekaligus dengan rancangan yang selama ini sudah godok oleh Kelompok Kerja (Pokja) DPRD Balikpapan,” ujar Abdulloh, usai pelantikan.

“Jadi mekanismenya setelah ini, sebelum menetapkan pansus tatib, DPRD akan menetapkan keenam fraksi, mengingat saat ini masih ada satu fraksi yang masih terkendala yaitu fraksi PKS, maka dari itu hari ini DPRD Balikpapan akan menggelar rapat gabungan,” pungkas politikus senior Partai Golkar itu.*

Wartawan: Riel Bagas
Editor: BS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here