Kemanunggalan TNI dan Rakyat, Babinsa Koramil 1612-08 Bangun Jembatan di Desa Romang

0
21 views

manunggal TNI dan Rakyat, suasana pembuatan jembatan oleh TNI dan Warga masyarakat sekitar

Penasatu.com- Manggarai Barat.NTT– Personel TNI dari Koramil 1612-08 Bari bersama warga Desa Romang, Kecamatan Pacar, Kabupaten Manggarai Barat perbaiki jembatan darurat dari bambu, Sabtu (21/11/2020).

Sebelumnya, jembatan darurat yang dibuat beberapa tahun lalu oleh masyarakat Desa Romang sudah roboh dan tidak kuat lagi, karena bahan materialnya dari bambu yang panjangnya kurang lebih 15 meter sesuai ukuran lebar sungai. Diketahui jembatan tersebut sebagai akses penghubung antara dua Desa yakni antara Desa Nanga Kantor Kecamatan Macang Pacar dan Desa Romang Kecamatan Pacar Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Melihat kondisi tersebut sejumlah pihak berinisiatif membangun jembatan darurat yang baru agar jembatan itu bisa dilewati kembali, khususnya oleh pejalan kaki dan pengendara roda dua. TNI dan warga masyarakat Desa Romang sigap membangun jembatan tersebut apalagi sekarang musim hujan dan rawan terjadi banjir.

Kades Romang, Yosep Jemali mengatakan bahwa saat kegiatan ini dilaksanakan, pihaknya mengundang 5 orang anggota TNI untuk bersama-sama membantu masyarakat membangun jembatan darurat agar bisa diselesaikan dalam waktu satu hari. Mengingat cuaca sekarang itu kondisi hujan sangat tinggi dan akan mengakibatkan banjir. Dan jalan ini sering dilalui masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut kami berinisiatif untuk mempercepat proses perbaikan jembatan darurat ini untuk memudahkan akses warga, tuturnya.

Ia menambahkan, sebagai pemerintah Desa bersama masyarakat Desa Romang sangat mengapresiasi kepada anggota Babinsa dari Koramil Bari, berkat kerja sama TNI dengan masyarakat, jembatan alternatif ini bisa selesai dikerjakan dengan cepat, ungkap Yosep.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa jembatan darurat ini hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki dan pengendara roda dua sedangkan untuk roda empat tidak bisa, tutup Kades Romang itu.

Babinsa Desa Romang Khaerudin saat di konfirmasi via WhatsApp, mengatakan bahwa “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Babinsa, Koramil 08 terhadap masyarakat di Desa binaannya, sekaligus mencerminkan kemanunggalan TNI dan rakyat,” tegasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan kedekatan dan hubungan baik antara Koramil 08 Macang Pacar dengan masyarakat terjalin semakin harmonis, imbuhnya.

Dengan kegiatan gotong royong seperti ini bisa mempermudah akses jalan antara desa satu dengan desa yang lain, apa lagi musim hujan seperti saat ini rawan terjadi banjir. Dengan adanya jembatan ini tentunya lebih memudahkan masyarakat untuk beraktifitas dan menjadi lebih nyaman melewati sungai ini.

Khaerudin juga berharap semoga dengan adanya kegiatan ini pemerintah mampu lebih memperhatikan akses jalan di daerah- daetah terpencil seperti desa Romang, tutupnya.

Sumber : (Pedi Paty)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here