Kec Balikpapan Barat Gelar Rakor Trantibum Linmas dan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran

0
143

Penasatu.com, Balikpapan – Sebagai upaya penguatan sinergitas dalam menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibum Linmas), Pemerintah Kota Balikpapan dalam hal ini Kecamatan Balikpapan Barat (Balbar) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar Rapat Koordinasi Trantibum Linmas dan Sosialisasi Pencegahan serta Penanggulangan Bahaya Kebakaran bagi bangunan liar, parkir liar, bangunan diatas paret dan bahaya Narkoba. Kegiatan dilaksanakan di Aula Gedung Kecamatan Balikpapan Barat, Selasa (3/3/20).

Hadir pada kegiatan ini, Kapolsek, Danramil, Babinsa dan Bhabinkamtibmas se Kecamatan Balbar, Kelurahan, para Ketua RT, Tokoh masyarakat dan undangan.

Pada sambutannya, M.Arif Fadilah Camat Balbar mengatakan, kami memandang perlu dan penting adanya koordinasi antar semua sektor baik dari Satpol PP, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Ketua RT/RW, Kelurahan, Dishub dan elemen masyarakat lainnya agar Kecamatan Balikpapan Barat khususnya dan Kota Balikpapan umumnya tetap menjadi kota yang tentram, aman dan nyaman.

“Sehingga, lanjutnya, saat terjadi peningkatan mobilitas yang akan berimbas pada keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), dapat dikelola dan dikendalikan dengan baik dan benar,” harapnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Balikpapan yang diwakili Laisa menyebutkan, rakor ini diikuti Kelurahan, Kasi trantibum Kecamatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas masing-masing kelurahan yang ada di Balbar. Sinergitas dan kerjasama yang telah terjalin selama ini diharapkan dapat  terus terjaga dan ke depan bisa ditingkatkan.
 
Tantangan penyelenggaraan trantibum sangat banyak karena Kecamatan Balbar ini merupakan wilayah urban, dimana aktivitas masyarakatnya sangat dinamis, disamping juga adanya gangguan ketertiban seperti anak mabuk, tindakan asusila, ketertiban PK5 yang masih berdagang tidak sesuai ketentuan seperti meninggalkan lapaknya sembarangan,” tuturnya.
 
Lebih lanjut, dikatakannya, penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman serta perlindungan masyarakat perlu dukungan dan keikutsertaaan dari semua pihak seperti unsur pemerintah, stekholder terkait dan semua elemen yang ada di masyarakat khususnya yang berkaitan dengan trantibum.

Sasaran dari kegiatan rakor ini adalah mengidentifikasi permasalahan trantribum di masing-masing wilayah serta meningkatkan ketentraman dan ketertiban umum yang mencakup seluruh wilayah Kec Balbar . Potensi gangguan itu harus diantisipasi sedini mungkin sehingga diharapkan dapat berjalan dengan lancar sehingga terciptanya situasi dan kondisi yang aman serta kondusif, pungkasnya.

Wartawan : Usman.Jk

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here