Kapolres : Polres bersama BOPLBF Akan Memasang 2000 CCTV di Mabar

0
26 views

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Reporter : Alfonsius Andi

Penasatu.com- Manggarai Barat.NTT –Dalam rangka menunjang Labuan Bajo sebagai Kawasan Pariwisata Super Premium, Kepolisian Resor Manggarai Barat menggagas Pembangunan Gedung Pusat Komando (Command Center), Jumat (23/10/2020).

Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan, saat ini Polres Manggarai Barat bersama Badan Otorita Parawisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) sedang membuat sebuah Program yang bernama Electronic Securing Integrated System (ESIS) program ini bertujuan untuk mempersiapkan Kabupaten Manggarai Barat sebagai pusat Kawasan Pariwisata Super Premium yang telah ditetapkan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, juga untuk mempersiapkan diri dari sisi keamanan kepada turis dan investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Manggarai Barat dan program ini juga diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat.

Lanjut Kapolres, progam ini diharapkan akhir bulan Februari 2021 sudah bisa di Lounching. Gedung tersebut saat ini sudah ada, Kami bersama Ibu Shana Fatima Sukarsono pimpinan dari BOPLBF sudah mengsurvei dan kebetulan juga Gedung tersebut sudah berdiri serta seluruh fasilitas dari sistem ini dapat di akses melalui Gedung tersebut dan dari Polres Manggarai Barat.

“Jadi ada dua tempat, dapat di akses dari gedung tersebut dan dari Polres Manggarai Barat serta dapat di akses juga oleh petugas Kami yang bertugas dilapangan,” jelas Kapolres Manggarai Barat.

AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si. menerangkan, ESIS ini akan berupa sebuah program yang menerapkan sistem pelayanan keamanan berbasis IT yang modern di Labuan bajo dan kawasan perairan laut TNK (Taman Nasional Komodo), di dalamnya terdapat aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mengakses seluruh informasi yang berkaitan dengan pelayanan Kepolisian dan di dalamnya juga terdapat panic button.

“Ketika masyarakat membutuhkan kehadiran Polisi, Polisi dapat segera mengetahui dan dapat mengakses lokasi dari masyarakat yang membutuhkan kehadiran petugas Kepolisian,” ujarnya.

Program Esis ini sudah diterapkan di luar negeri namun dengan nama yang berbeda, seperti di Dubai itu mereka sudah menerapkan sistem yang sama dengan nama yang berbeda.

“Hasilnya mereka mendapat predikat Safety City atau kota yang aman, kita akan berusaha sesuai dengan kondisi Labuan Bajo yang sudah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata super premium, intinya harus kita imbangi dengan sebuah sistem pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan kondisi wilayahnya,” terang Kapolres Manggarai Barat.

Kedepanya Polres Manggarai Barat bersama BOPLBF akan memasang 2000 CCTV di titik–titik lokasi strategis baik di darat maupun perairan laut dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dan di Kota Labuan Bajo.

“CCTV ini diharapkan dapat memudahkan petugas memonitor seluruh aktivitas masyarakat dan seluruh kegiatan mobilisasi kendaraan dan kapal wisata yang melalui perairan laut TNK,” tutup AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here