Kapolda: Sebanyak 400 Anggota TNI POLRI Nusa Tenggara Timur Divaksin

0
30 views

Kupang, penasatu.com-Vaksinasi bersama Anggota TNI POLRI di wilayah Bali, NTB dan NTT digelar serentak hari ini, Jumat (19/3/2021), Vaksinasi bersama ini dilakukan terkait kunjungan kerja Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, S.Ip dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo di Provinsi Bali guna meninjau kegiatan serbuan vaksinasi TNI POLRI di wilayah Bali, NTB dan NTT.

Di NTT sendiri pelaksanaan serbuan vaksinasi TNI POLRI ini dilaksanakan di Makorem 161/Wira Sakti Kupang yang dihadiri oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum, Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya, Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Gusti Kompiang Aribawal, Danlanud El Tari Kupang Marsma TNI Asril Samani.,S.I.P.,M.Si.(Han), Wakajati NTT Rudi Margono, SH.,M.Hum, Hakim Tinggi NTT Joni Manurung S.H, Kabagdukops Binda NTT Kolonel Arm Anton Popang dan Kasrem 161/WS Kolonel Inf. Jamz Andre Ratu Edo.

Kapolda NTT juga mengarahkan sebanyak 200 personel serta tenaga medis untuk mendukung kegiatan vaksinasi yang digelar di Makorem 161/WS Kupang.

Jumlah personel TNI POLRI yang divaksin dalam kegiatan ini sebanyak 400 orang terdiri dari 200 orang personel Polda NTT dan 200 orang Personel TNI baik TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Pada kesempatan ini, melalui sarana Video Conference, Kapolda NTT melaporkan kepada Panglima TNI dan Kapolri bahwa, pelaksanaan penanganan Covid-19 di NTT telah dilakukan sesuai program Pemerintah, Petunjuk dan Arahan Panglima TNI dan Kapolri.

“Di NTT sendiri saat ini terus dilakukan upaya bersama dengan Pemerintah daerah untuk tetap aktif melakukan kegiatan protokol kesehatan dan pelaksanaan 3T”, ujar Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum.

Dijelaskan bahwa, kegiatan vaksinasi TNI POLRI di NTT dilaksanakan secara bertahap dan untuk personel Polda NTT yang telah divaksin sebanyak 50 persen dari keseluruhan personel sebanyak 10.000 orang.

“Sampai sejauh ini, distribusi vaksin juga telah dilaksanakan ke seluruh daerah di NTT dan proses pendistribusian vaksin ini kita (TNI POLRI) lakukan pengawalan dan pengawasan secara bersama-bersama”, jelasnya.

Kapolda juga menyampaikan bahwa, telah membentuk batalyon vaksinator baik dari POLRI maupun TNI di NTT guna mendukung program pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi nasional.

Menanggapi laporan Kapolda NTT, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S. Ip mengapresiasi kinerja yang luar biasa dari jajaran TNI POLRI yang ada di NTT dalam penanganan Covid-19.

Ia meminta jajaran TNI POLRI untuk menginventarisir fasilitas kesehatan untuk proses vaksinasi dan membentuk vaksinator.

“Tempat untuk vaksin di kantor TNI POLRI atau tempat lain milik pemerintah. Terimakasih atas pelaksanaannya. Tetap gunakan masker walau sudah divaksin,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menambahkan bahwa, pelaksanaan vaksinasi agar dipercepat terutama di wilayah Bali, NTB dan NTT, mengingat ketiga wilayah ini merupakan daerah tujuan pariwisata.

“Program vaksin ini dikeroyok agar cepat selesai karena Bali, NTB dan NTT sebagai tujuan wisata yang berdampak ekonomi. Ajak masyarakat untuk disiplin memakai masker cuci tangan dan jaga jarak,” pungkasnya.(*)

Wartawan : Alfonsius.

Sumber : Humas Polda NTT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here