Kaji PTM, DPRD – Disikbud Gelar RDP

0
6 views

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Terkait Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang akan dilaksanakan Januari 2021, Komisi IV DPRD Balikpapan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Kamis (10/12/2020).

RDP yang berlangsung di ruang rapat paripurna kantor DPRD, Jln Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota (Bal-Kot) dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Muhammad Taqwa, Kadisdikbud Balikpapan Muhaimin, Wakil Komisi IV Iwan Wahyudi dan anggota Komisi IV lainnya.

“Komisi IV mendukung secara penuh agar kegiatan PTM dapat berjalan dengan baik,” tutur Iwan Wahyudi, usai RDP.

Karena, berdasarkan informasi dan masukan dari masyarakat dengan ancaman tumbuh kembang pendidikan serta ancaman putus sekolah. Sehingga perlu adanya dukungan Komisi IV agar proses PTM berjalan dengan baik dan sempurna.

Iwan menambahkan, melihat kondisi Balikpapan yang masih zona orange. Tentu kegiatan PTM harus mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Daerah dan Komite Sekolah dan syarat yang harus diperhatikan pihak sekolah.

Senada disampaikan Muhaimin, RDP bersama Komisi IV untuk mempertanyakan kesiapan Disdikbud dalam melaksanakan PTM yang rencananya akan dilaksanakan di tanggal 11 Januari 2021.

Langkah awalnya nanti, Disdikbud akan melaksanakan simulasi terlebih dahulu kepada 23 Sekolah SMP Negeri, 12 Sekolah Swasta, kemudian 30 Sekolah SD Negeri dan 12 Sekolah Swasta, jadi total keseluruhannya 77 Sekolah.

Sebagai langkah awal mengantisipasi, nantinya Disdikbud akan melakukan Rapid Test kepada seluruh tenaga pendidik yang ada, guna mengetahui kondisi tenaga pendidik tersebut dalam keadaan baik-baik saja.

“Sehingga pada saat pelaksanaan simulasi di tanggal 14 sampai 17 nanti dapat berjalan dengan maksimal,” kata Muhaimin.

Selain itu, untuk menghindari penumpukan bagi siswa SMP nantinya di tanggal 14 akan melaksanakan PTM, kemudian di tanggal 15 Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ/Daring) dan di tanggal 16 dan 17-nya untuk Sekolah Dasar (SD).

“Dari hasil pelaksanaan simulasi nantinya akan dilakukan evaluasi untuk menuju ke tanggal 11 Januari mendatang,” imbuh Muhaimin.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/HTBS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here