Jelang Pilkada, 33 Positif di Balikpapan

0
23 views

PENASATU.COM, BALIKPAPAN – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, Rabu (9/12/2020) di Kota Balikpapan terjadi penambahan 33 kasus positif, 14 diantaranya merupakan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Data tersebut disampaikan oleh Tim Gugus Tugas (Satgas) penanggulangan covid-19 kota Balikpapan, saat menggelar jumpa pers, Jum’at (4/12/2020).

“Hari ini (Jumat) terdapat penambahan 33 kasus, 22 kasus selesai isolasi, satu positif yang meninggal,” ujar Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi yang juga Ketua Tim Satgas penanggulangan penanganan Covid 19 Balikpapan.

Dijelaskan, pada kasus terkonfirmasi positif Covid 19 terdapat 14 petugas KPPS dan terdapat satu Komisioner KPU terkonfirmasi positif. Namun datanya yang masuk hari ini hanya petugas KPPS.

Secara terpisah, Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menuturkan, bagi petugas KPPS yang hasil Swab-nya “Positif” terpapar covid-19, KPU akan mengganti petugas tersebut dengan mekanisme dimana setiap petugas KPPS hanya terdapat 7 orang. Namun disaat pendaftaran bisa mencapai 8 sampai 9 orang.

Maka, dari kelebihan pendaftar itulah KPU akan mengganti petugas KPPS yang terkonfirmasi positif. KPU akan terus berusaha untuk mengganti pertugas yang terkonfirmasi positif sebelum menjelang hari pencoblosan.

Perlu diketahui, jika memang kondisinya sudah darurat, baik KPU, PPK dan PPS tidak bisa menemukan penggantinya. Maka Tempat Pemungutan Suara (TPS) boleh diisi hanya 5 petugas KPPS.*

Wartawan : Riel Bagas
Editor : Penasatu.com/Herry BS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here