Jadikan Tertib Lalu lintas Sebagai Budaya Masyarakat Kota Balikpapan

0
37 views

Kompol.Irawan Setyono, SH.Sik.MH Kasatlantas Polresta Balikpapan.

PENASATU.COM. BALIKPAPAN – Guna meningkatkan kesadaran dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, Satlantas Polresta Balikpapan menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar jadikan tertib berlalu lintas sebagai budaya bagi masyarakat kota Balikpapan.

Seperti diungkapkan Kasatlantas Kompol.Irawan Setyono, SH.Sik.MH baru baru ini diruang kerjanya, Polresta Balikpapan Jl.Jend Sudirman, Kelandasan Ulu, Balikpapan Kota, Jum’at (31/01/2020).

Irawan mengatakan, kecelakaan itu hampir di atas rata-rata berawal dari pelanggaran dari ketidak disiplinnya pengguna kendaraan. Jadi kami akan giat meningkatkan upaya preventif dan penindakan hukum.

“Kami akan melakukan sosialisasi baik itu melalui media cetak, online, elektronik maupun media sosial terkait dengan patuh, tertib dan sadar berlalu lintas,” ujarnya.

Kemudian kami juga akan melakukan kegiatan preventif, dimana personil kami akan melakukan patroli dan pemantauan situasi di wilayah – wilayah yang rawan pelanggaran dan sering terjadi kecelakaan lalu lintas, imbuhnya.

“Lalu, dirinya menambahkan, kami juga akan melakukan penindakan hukum tindak lanjut dari amanah undang-undang demi menekan angka kecelakaan tersebut,” tegasnya.

“Dilanjutkan di bulan Februari mendatang kami akan meningkatkan terkait dengan penindakan – penindakan pelanggaran. Di mana seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas akibat kurang disiplinnya pengguna kendaraan, seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya. Dan itu kita akan tingkatkan dengan beberapa spot – spot dalam undang undang kecelakaan lalu lintas, tuturnya.

“Karena, masih kata Irawan, dari 10 analisa kami untuk beberapa kecelakaan yang terjadi merupakan dari kecelakaan tunggal atau (take off control).
Yaitu beberapa kendaraan yang mengalami kecelakaan tersebut merupakan kelalaian pengemudi itu sendiri. Misal, sering menabrak median jalan tanpa ada lawan dan sering terjadi yang mengakibatkan pengendara lain menjadi korban,” beber Irawan.

jadi kami himbau kepada seluruh pengendara bahwa, agar tetap menjaga kesehatan dan cek kendaraan yang akan digunakan sehingga tidak terjadi dribel atau kecelakaan.

Dan guna menekan angka kecelakaan dan kesadaran berlalu lintas, bagi kalangan melenial, satuan lalu lintas Polresta Balikpapan akan melakukan sosialisasi rutin ke Sekolah -sekolah sebagai inspektur upacara. Ini bertujuan untuk secara langsung melakukan sosialisasi safety riding dan melakukan himbauan himbauan khususnya para pemuda atau pemudi yang berusia produktif. Serta memberikan pembinaan sebelum mengikuti ujian SIM.

Tidak hanya sampai disitu saja, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi ke perusahaan perusahaan, mengingat bulan Februari mendatang adalah hari K3. Yang merupakan bulan mengenai keselamatan kerja, termasuk dalam berlalu lintas terkait dengan safety riding maupun safety drive. Di samping akan melakukan koordinasi terkait dengan defisit travel kepada perusahaan yang ada di Balikpapan.

“Ingat kecelakaan berawal dari pelanggaran lalu lintas, mari kita tingkatkan tertib berlalu lintas sebagai budaya masyarakat kota Balikpapan,”tutup Irawan.*

wartawan : Solihin.

Editor : EDS/penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here