HUT ke-75 TNI Gelar Bakti Lingkungan, Jadikan Labuan Bajo Bersih dari Sampah

0
38 views

Peserta Bakti Lingkungan saat foto bersama

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT-Dalam rangka peringatan HUT TNI ke-75, maka TNI (AD, AU dan AL) dan Polri (Polsek Komodo dan Brimob Subden 4 Den B Labuan Bajo) bersama Basarnas serta masyarakat bahu membahu membersihkan sampah di perairan Pulau Bajo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Jumat (25/9/2020).

Bakti lingkungan ini dilakukan guna mendukung program Pemerintah Pusat terhadap percepatan perkembangan dan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pusat obyek wisata yang telah dinobatkan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai destinasi wisata Super Premium.

Salah satu langkah kecil untuk menarik wisatawan dengan memerangi sampah agar lingkungan obyek wisata nyaman dikunjungi dan terbebas dari polusi serta bau tak sedap.

Sebagai prajurit negara, TNI AD, AL, AU bersama Kepolisian dan Basarnas memiliki kepedulian itu dan membangun kesadaran warga untuk bergotong-royong menjaga lingkungan yang bersih indah asri.

“Bakti bersih sampah ini kita gelorakan untuk mengajak masyarakat tetap dan terus membersihkan lingkungan dari sampah berbagai jenis, baik di pesisir pulau maupun di wilayah daratan. Karena Labuan Bajo ini telah mewakili kepentingan Indonesia untuk dunia dari aktivitas kunjungan wisatawan. Kalau kotor, turis akan cerita seperti apa yang mereka lihat saat berlibur di daerah ini,” imbau Danramil 1612-02/Komodo Kapten Inf. I Nyoman Sukada.

Sanitasi baik juga mendukung lingkungan sehat sehingga masyarakat terhindar dari berbagai macam ancaman virus, termasuk Covid-19 yang kian mengancam kehidupan umat manusia secara global.

Untuk itu, Kapten Inf. Nyoman Sukada meminta masyarakat tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan taat berdisiplin.

“Lingkungan sehat, virus menjauh, yang terpenting taat dan patuh pada Protokol Kesehatan. Corona tidak mengenal status dan jabatan, mari kita tertib berdisiplin,” tegasnya.

Komandan pos TNI AL di Labuan Bajo Letda (PM) Dedi Erwantoni mengungkapkan kebersamaan dan bergotong–royong memerangi sampah merupakan niat bersama, sehingga semua warga paham untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sampah harus dibuang pada tempatnya sehingga tidak mencemari lingkungan.

“Dalam membersihkan sampah di Pulau Bajo, TNI mengajak warga untuk jaga kelestarian lingkungan masing–masing karena tak lama lagi event internasional G-20 terselenggara di kota ini. Tunjukan ke dunia keindahan alam kita layak dikunjungi,” ucap Letda (PM) Dedi Erwantoni.

Di tempat terpisah, Kapolsek Komodo Iptu Firamuddin, S.H. menyebutkan, aksi bersih pantai dan laut juga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga kebersihan dan mencegah pencemaran yang lebih luas.

Hal itu sangat diperlukan karena tidak mungkin mengandalkan petugas dan aparat pemda yang sangat minim.

“Kegiatan ini dipilih waktu pagi hari. karena dengan terpaan Sinar matahari akan membawa manfaat yang sangat bagus untuk tubuh kita. Sinar matahari juga akan memperkuat sistem imunitas tubuh. Dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Semoga apa yang kita laksanakan bersama ini bisa membawa manfaat untuk kebaikan bersama,” ujar Kapolsek Komodo.

Ikut serta dalam kegiatan, Danramil 16-12 komodo bersama Anggota, Danpos AL Labuan Bajo bersama Anggota, Waka Polsek Komodo Bersama Anggota, Anggota Brimob Subden 4 Den B Labuan Bajo, Anggota Basarnas Labuan Bajo, Lurah Labuan Bajo beserta Staf, Sek Cam Kecamatan Komodo beserta Staf, Bhabinkamtibmas Kelurahan Labuan Bajo, Bhabinkamtibmas Desa Gorontalo, Kasi Pol PP Kecamatan Komodo beserta Anggota, Remaja Masjid Raya Labuan Bajo, Pemuda Gereja Paroki Roh Kudus dan Beberapa Pelaku Usaha di Labuan Bajo.*

Editor : penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here