Hujan Deras Tak Halangi Pemkot Balikpapan Gelar Detik-detik Proklamasi di Simpang Lampu Merah Plaza Balikpapan

0
50

Kompak, Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama Forkopimda kota Balikpapan dan masyarakat saat pelaksanaan upacara detik detik Proklamasi di simpang lampu merah plaza Balikpapan

PENASATU.COM, BALIKPAPAN РSimpang Lampu Merah Plaza Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman. No.1 Pasar Baru, Kelurahan Klandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota, Kalimantan Timur yang basah karena di guyur hujan namun tetap dijadikan salah satu titik tempat upacara memperingati  detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-75  oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Senin (17/8/2020). Berlangsung aman tertip dan khidmat.

Ini adalah salah satu pusat pelaksanaan dari 16 simpang lampu merah titik tempat upacara di kota minyak (nama lain kota Balikpapan).

Meskipun hujan turun cukup deras tidak menyurutkan rombongan Walikota Balikpapan HM Rizal Effendi SE bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, SIK, Dandim 0905 Kolonel ARM I Gusti Agung Putu Sujarnawa, Danlanal Kolonel Laut Andri Kristianto serta Danlanud Dhomber Kolonel Pnb Hendrayansyah, S.Sos  dalam bergerak dari halaman kantor Walikota menuju simpang lampu merah Plaza Balikpapan tepat pukul 11.00 Wita.

Ini dalam rangka melaksanakan Upacara memperingati detik detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indoneisa ke 75 tahun serentak di persimpangan yang ada di kota Beriman (Bersih Indah Aman dan Nyaman) sebutan kota Balikpapan.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa Pemkot Balikpapan telah menggelar simulasi kegiatan ini yakni Kamis (6/8/20) ditempat ini pekan lalu, dan akan dilaksanakan di 16 titik persimpangan yang ada di kota Balikpapan.

Disampaikan Rizal, pelaksanaan detik-detik proklamsi dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar masyarakat bersama-sama bisa merasakan hari kemerdekaan. Yaitu memperingati kemerdekaan tidak hanya dilaksanakan di lapangan saja, tapi bisa juga dilaksanakan dimana saja salah satu contohnya hari ini yang berlangsung di persimpangan lampu merah kawasan jalan raya  pusat kota Balikpapan.

Tepat pukul 11.17 Wita masyarakat diminta untuk menghentikan semua aktivitasnya baik yang di rumah dan di mana saja untuk  berdiri  sejenak selama tiga menit dengan sikap sempurna sambil menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya.”

Lanjut Rizal, pelaksanaan detik proklamasi yang berlangsung hari ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang dipusatkan di lapangan Merdeka, kini meskipun dilaksanakan di tengah pandemi covid-19 protokol kesehatan tetap dijalankan. Dengan menggunakan Masker dan jaga jarak bagi setiap peserta yang mengikuti upacara.

Rizal meminta kepada warga Balikpapan agar terus bersama-sama berjuang melawan pandemi covid-19 jangan pernah menyerah dan putus asa. Selalu mentaati anjuran pemerintah tentang protokol kesehatan covid-19. Hindari Keluar rumah bila tidak mendesak, selalu mencuci tangan dengan sabun, hindari kerumanan masa, jaga imunitas dengan rajin olahrga dan makan makanan bergizi dan selalu menggunakan masker.

“Balikpapan harus segera bersih dari pandemi covid-19 dengan terus disiplin mematuhi protokol kesehatan,” tegas Rizal yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Mei 2021.*

Wartawan: Riel Bagas

Editor: HTBS/Penasatu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here