Hindari Kecelakaan Persalinan, Desa Liang Sola Bersama Puskesmas Wae Nakeng Gelar Sosialisasi P4K

3
9 views

Reporter : Alfonsius Andi

Penasatu.com-Manggarai Barat.NTT– Dengan masih banyaknya kejadian kematian pada saat persalinan, terutama di daerah pedesaan di seluruh wilayah Indonesia, khususnya Kabupaten Manggarai Barat.

Pemerintah Desa Liang Sola, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat bersama Dinas Kesehatan, melalui petugas medis Puskesmas Lembor, gelar Sosialisasi Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikaai (P4K) pada saat melahirkan.

Sebelum dilaksanakan kegiatan ini, Kepala Desa Liang Sola, Adrianus Harsi, mengucapkan selamat datang kepada Petugas Medis Puskesmas Lembor dan Petugas Medis postu atau bidan desa, Ibu dukun terlatih, serta perangkat dan seluruh masyarakat desa Liang Sola.

Pantauan Media Penasatu, turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, Pemerintah Desa Liang Sola(Kepala Desa Liang Sola, Adrianus Harsi) bersama seluruh staf, Petugas Medis Puskesmas Lembor(Elviana Ira, Amd.keb, dan Halifa,Amd.keb) Petugas Medis Postu atau bidan Desa liang Sola, ibu dukun terlatih sebagai pembantu persalinan di desa, ibu-ibu Hamil dan Seluruh tokoh masyarakat.

Kepada media Penasatu.com, Senin (23/11/2020), Petugas Medis Puskesmas Lembor bidang P4K, Elviana Ira,Amd, kebidanan menjelaskan bahwa Manfaat P4K sebagai berikut;
. Pemantauan ibu hamil, bersalin dan nifas
. Pemantauan ibu hamil, bersalin dan nifas Secara intensif
. Meningkatkan persiapan persalinan oleh keluarga
. Keluarga dan ibu bersalin mengetahui jadwal persalinan, penolong persalinan
. Keluarga. Mengetahui transportasi,dan calon pendonor darah,jelas ira.

Lanjut Ira, adapun tanda-tanda bahaya kehamilan sebagai berikut; pusing, bengkak kaki, adalah tanda bahaya kehamilan, serta adanya pendarahan, secepatnya ibu hamil tersebut harus dan wajib untuk berkomunikasi atau memberitahukan kepada petugas puskesmas atau petugas medis terdekat atau dukun terlatih, pungkasnya.

Selain itu, melalui rapat P4K ini, Elviana Ira,Amd.keb, juga mengajak untuk seluruh peserta yang hadir, agar selalu berkomunikasi ketika mengalami ciri-ciri yang tercantum diatas, yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan pada saat persalinan keselamatan ibu dan bayi, ujarnya.

Diakhir kegiatan sosialisasi tersebut, Kepala Desa Liang Sola, Adrianus Harsi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh peserta yang hadir, terutama kepada petugas puskesmas Lembor dan Dukun terlatih yang sudah luangkan waktunya hingga terwujudnya Desa liang Sola, bebas dari kematian ibu dan bayi pada saat persalinan.

Hingga selesainya acara, Sosialisasi P4K berjalan lancar aman dan kondusif, Kepala Desa Liang Sola juga mengajak seluruh peserta yang hadir agar selalu bersikap dan berkomunikasi secara terbuka demi keselamatan dan kebaikan Kita bersama, tutupnya.

3 KOMENTAR

  1. Mohon izin koreksi pak:
    1.Puskesmasnya Wae Nakeng bukan Lembor
    2. P4K:artinya Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi .tabe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here